Pneumatologi Religionum dalam Pemikiran Stanley J. Samartha dan Amos Yong

  • Minggus Minarto Pranoto Sekolah Tinggi Theologia Abdiel Ungaran
Keywords: inklusivisme; para pemeluk iman lain; pluralisme; pneumatologi religionum; Roh Kudus; Yesus Kristus

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mendialogkan pneumatologi religionum dari Stanley J. Samartha dan Amos Yong. Teolog pertama berasal dari konteks India dengan Hindu sebagai agama mayoritas dan termasuk dalam kelompok ekumenikal dan pluralisme. Samartha menekankan karya Roh Kudus tanpa menghubungkan dengan Yesus Kristus dalam hal keselamatan. Sedangkan teolog kedua berasal dari Malaysia tetapi ia lebih banyak melakukan teologi dalam konteks Amerika Utara dan tergabung dalam denominasi Pentakostal-Karismatik dalam kelompok teologi pembaharuan yang mengembangkan teologi Kristen dari dasar pneumatologi Trinitaris. Penulis menggunakan metode yang berfungsi untuk menggali pemikiran para teolog di atas dan mencari konvergensi dan divergensi dari sudut pandang kedua teolog tersebut. Kedua perspektif mengenai pneumatologi religionum tersebut akan didialogkan dan kemudian akan digunakan untuk mencapai beberapa kesimpulan yang pada akhirnya semakin memperkuat iman Kristen dan keterbukaan terhadap para pemeluk iman lain.

Published
2021-04-29
How to Cite
Pranoto, Minggus. “Pneumatologi Religionum Dalam Pemikiran Stanley J. Samartha Dan Amos Yong”. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 1 (April 29, 2021): 1-26. Accessed October 20, 2021. http://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/239.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.