Penafsiran Mazmur Ratapan

  • Darto Sachius Sekolah Tinggi Teologi Abdiel
Keywords: formula; mazmur ratapan; motif; sastra; struktur; tujuan

Abstract

Pembahasan dalam penelitian ini akan mencari konsep-konsep dan ciri-ciri Mazmur Ratapan individu dan menemukan bagaimana ciri-ciri Mazmur Ratapan ini bila dibandingkan dengan berbagai ragam Mazmur yang lain dalam Kitab Mazmur. Untuk menemukan konsep-konsep dan ciri-ciri Mazmur Ratapan menggunakan penafsiran mengenai tujuan penulisan Kitab Mazmur Ratapan, meneliti latar belakang historis, meneliti secara kontektual pasal dan ayat, menafsirkan secara gramatikal dan secara literal sehingga akan ditemukan kesamaan struktur pasal, tujuan penulisan, pola sastra, motif penulisan, sehingga dapat ditemukan dan dirumuskan konsep-konsep dan ciri-ciri dari Mazmur Ratapan secara umum dibanyak pasal dalam Kitab Mazmur. Ciri-ciri umum penafsiran Mazmur Ratapan ini adalah seorang pemazmur secara langsung melakukan permohonan dalam doa kepada Allah, pada saat pemazmur dalam tekanan yang berat. Pemazmur berada dalam situasi yang sangat pahit lalu pemazmur menaikan permohonan dalam sejuta keluhan; pemazmur berhak mengatakan semua isi hati dengan keterbukaan dan kejujuran. Tingkat Kepercayaan pemazmur kepada Allah biasanya mulai hancur dan pudar, kemudian secara pelan-pelan dipulihkan, sehingga pergumulan mulai dilepaskan oleh Allah secara total. Mazmur Ratapan ini biasanya diakhiri dengan sebuah pujian yang dinyanyikan kalau keselamatan atau nazar dikabulkan oleh Allah. Mazmur ratapan ini memiliki ciri-ciri utama mengenai sastra, motif pemazmur, tujuan pemazmur, formula-formula bahasa yang dipakai oleh pemazmur memiliki kesamaan dalam struktur penulisan dan pengungkapan bahasa puisi yang hiperbolik, lugas, sederhana tetapi memiliki arti yang dalam yang tidak bisa diungkapkan dengan bahasa literal biasa. Bahkan dari ramuan itu dapat menggerakkan Allah untuk bertindak kepada setiap individu pemohonnya.

References

Gelin, A. Les Quare Lestures du Psaume, dalam The Psalms, Leopold Sabourin, 1974.

Subagyo, Andreas. Pengantar Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Kalam Hidup, 2004.

Westermann, C. Praise And Lament The Psalms. Minneapolis: Augsburg, 1980.

Bush, F.W. Pengantar Perjanjian Lama. Jakarta: BPK, Gunung Mulia, 1994.

Mowinckel. The Psalms in Israel Worship I. Nashville: VTS, 1967.

Poling James N dan Donald J. Miller. Foundations for a Pastoral Theology of Ministry. Nashvile: Abingdon Press, 1985.

Leopald, Sabourin. The Psalms. New York: Alba House, 2001.

Tremper Longman III. Bagaimana Menganalisa Kitab Mazmur. Malang: SAAT, 1992.

Park, Abraham. Pelita Perjanjian yang Tak Terpadamkan Silsilah Yesus Kristus (1) Abraham-Daud. Jakarta Selatan: Yayasan Damai Sejahtera Utama, 2013.

Richard, Ramesh. Scripture Sculpture. Michigan: Baker Books, 2003.

Vine, W.E, dkk. Vine’s Expository Dictionary of Biblical Words. New York: Thomas Nelson Publishers, 2010.

Henry, Matthew. The NIV Matthew Henry Commentary in One Volume. New York: Harper Collins Publishers, 1992.

Barus, Armand. Allah Mendengar Seruan dan Tempat Berlindung: Penelitian Puitis Mazmur 5. Jurnal Amanat Agung 5, no. 2 (2019).

Tua, Eko Mulya. Respon Daud Dalam Menghadapi Pergumulan: Studi Terhadap Kitab Mazmur 3 : 1-9. Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no.1 (2017).

Hutahaean, Hasahatan, dkk. Membaca dan Memaknai Mazmur Ratapan 12 Dengan Metode Baca Gali Alkitab. Manna Rafflesia 7, no. 1 (2020).

Sin, Sia Kok. Mengalami Allah Melalui Kitab Mazmur. Jurnal Theologi Aletheia 18, no. 10 (2016).

Budi, Samgar Setia. Eksegesis Mazmur 73: Pergumulan Orang Benar Tentang Kemakmuran Orang Fasik. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2019).

Kasopa, Jeaneta Krisya. Makna Asosiatif Kitab Mazmur. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi 2, no. 3 (2017).

Huang, Yasuo Thunderstorm. Bersukacita Karena Penghakiman Allah: Sebuah Penelitian Puitis Mazmur 58. Indonesian Journal of Theology 6, no. 1 (2018).

Published
2021-10-29
How to Cite
Sachius, Darto. “Penafsiran Mazmur Ratapan”. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 2 (October 29, 2021): 243-254. Accessed April 19, 2024. http://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/314.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.