YAHWE, TUHAN DALAM ALKITAB TEOLOGI PERJANJIAN LAMA BERNHARD LANG

  • Aris Margianto
Keywords: YAHWE, PERJANJIAN LAMA, BERNHARD LANG

Abstract

Berdasarkan kritikannya terhadap penelitian-penelitian sebelumnya, yang terutama lebih banyak menyibukkan diri dengan detail-detail, B. Lang mencoba untuk memaparkan sebuah gambaran yang baru dan hidup tentang Tuhan dalam Alkitab. Menurut pendapatnya, “hasil-hasil penelitian ini seringkali baru dan sangat berkesan, tetapi potret dari Tuhan Ibrani masih tetap saja dalam detail-detail yang tidak terstruktur, tanpa sebuah sistematika dalam kaitan-kaitan yang lebih besar dari detail-detail tersebut.” Dari sana B. Lang menerapkan sebuah pendekatan baru bagi tujuannya, untuk merekonstruksikan sebuah paparan menyeluruh dari Tuhan dalam Alkitab. Dalam tulisan ini penulis hendak memaparkan metode yang digunakan oleh B. Lang dan hasil analisa dari karyanya. Selanjutnya, penulis hendak mengajukan kritik terhadap teologi Perjanjian Lama B. Lang.

References

Lang, Bernhard, Jahwe, der biblische Gott. Ein Porträt, München 2002.

Published
2017-04-17
How to Cite
Margianto, Aris. “YAHWE, TUHAN DALAM ALKITAB TEOLOGI PERJANJIAN LAMA BERNHARD LANG”. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 1, no. 01 (April 17, 2017): 127-143. Accessed March 29, 2024. http://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/91.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.