BENTUK PEMBELAJARAN VOKAL SECARA DARING

  • Alfa Kristanto Sekolah Tinggi Theologia Abdiel
Keywords: bentuk pembelajaran vokal secara daring; pendidikan seni; pembelajaran vokal

Abstract

Tahun 2020 terjadi sebuah peristiwa penting dalam sejarah dunia yaitu adanya pandemi virus Covid-19 yang berdampak pada dunia pendidikan secara umum dan bidang seni secara khususnya. Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak oleh virus tersebut. Beragam kebijakan pemerintah telah diambil sebagai upaya menghambat persebaran virus tersebut. Kebijakan pemerintah juga berdampak pada pengaturan sektor pendidikan di Indonesia. Terdapat perubahan proses pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka di kelas kemudian karena adanya pandemi ini maka terdapat penyesuaian yaitu proses pembelajaran dilakukan secara daring. Munculnya inovasi dari para pengajar turut memberi warna dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Proses pembelajaran di bidang seni terdapat penyesuaian pada teknis kegiatan belajar mengajar kepada peserta didik. Pemanfaatan ruang virtual menjadi prioritas utama di masa pandemi Covid-19 untuk keberlanjutan kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut terjadi pada seni musik khususnya proses pembelajaran vokal yang dilakukan secara daring. Semula praktik vokal dilakukan melalui bertatap muka dalam satu ruangan secara luring maka sekarang hal tersebut mendapat penyesuaian yaitu pembelajaran praktik vokal dilakukan melalui virtual. Pembelajaran vokasl secara daring merupakan kegiatan belajar mengajar yang berkaitan dengan teknologi di dalam pelaksanaannya. Bentuk pembelajaran vokal secara daring dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa aplikasi digital. Diantaranya menggunakan aplikasi WhatsApp dengan memanfaatkan fitur video call dan mengirim rekaman hasil latihan oleh peserta didik. Pemanfaatan fitur dari WhatsApp memiliki keunggulan masing-masing dan hal tersebut memberikan paradigma baru jika keduanya digunakan dalam proses pembelajaran praktik vokal secara daring.

References

Chapman, L. (1978). Approach to Art Education. New York: Harcout Brace Jovanovich.

Chrisnahanungkara, A. J. (2020). Pendidikan Seni Musik Berbasis Bahan Ajar Multikultural. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.37368/tonika.v3i1.132

Foucault, M. (2012). Arkeologi Pengetahuan (Terj. Inyiak Ridwan Muzir). Yogyakarta: Ircisod.

Harwanto, Dody Candra. (2018). MEMAKNAI INKULTURASI DALAM PENDIDIKAN SENI DAN KONSERVASI. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 1(1), 40-50. https://doi.org/10.37368/tonika.v1i1.10

Kristanto, A. (2017). Memahami Paradigma Pendidikan Seni. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen, Dan Musik Gereja, 1(1), 119–126. https://doi.org/10.37368/ja.v1i01.90

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN Jurnal Ilmiah Teologi Pendidikan Sains Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Salam, S. (2001). Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sambira, Z., & Kristanto, A. (2020). Paradigma Pendidikan Seni Berbasis Karakter Dalam Musik Ma’Badong. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.37368/tonika.v3i1.128

Sumardjo, J. (2000). Filsafat Seni. Bandung: ITB Bandung.

Triyanto. (2017). Spirit Ideologis Pendidikan Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Published
2020-12-08
How to Cite
Kristanto, A. (2020). BENTUK PEMBELAJARAN VOKAL SECARA DARING. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 3(2), 128-137. https://doi.org/10.37368/tonika.v3i2.181
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.