Evaluasi Pelatihan Sangkakala di Gereja Higher Than Ever sebagai Media Pendidikan Seni

  • Septian Cipto Nugroho Mahasiswa
  • Wadiyo Wadiyo Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Agus Cahyono Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Lestari Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
Keywords: evaluasi; pendidikan; sangkakala; musik ibadah

Abstract

Perkembangan musik ibadah di Gereja yang begitu dinamis, terus bergerak, dan menciptakan hal-hal baru menjadikan musik ibadah di Gereja perlu mendapat perhatian. Evaluasi terhadap musik ibadah di Gereja menjadi penting untuk membentuk musik ibadah di Gereja semakin baik. Demikian juga pentingnya evaluasi terhadap pelatihan sangkakala di Gereja Higher Than Ever yang dilaksanakan seminggu sekali, supaya pelatihan sangkakala di Gereja Higher Than Ever terlaksana dengan maksimal dan memperoleh hasil yang maksimal. Teori utama yang digunakan untuk membedah masalah yaitu teori evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya materi yang masih kurang diajarkan dalam pelatihan sangkakala di Gereja Higher Than Ever yaitu materi pernafasan. Begitu pentingnya materi pernafasan dalam instrumen tiup yaitu untuk tetap menjaga kesehatan. Saran yang diberikan peneliti yaitu dengan memberikan materi pernafasan diafragma sebagai pernafasan yang tepat untuk meniup sangkakala. Sehingga akan membantu pemain sangkakala untuk menghasilkan tiupan yang baik, dan menjaga kesehatan peniup sangkakala agar tidak terkena penyakit hernia atau turun berok.

References

Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/4441

Andriani, E. Y., & Winarko, J. (2021). Analisis Artikulasi Vokal pada Lagu “Dear Dream” Oleh Regita Pramesti Suseno Putri. Repertoar, 1(2), 259–268.

Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 1–16.

Banoe, P. (2003). Kamus Musik (1st ed.). Yogyakarta: Kanisius.

Burhanuddinsyah, M. H., Lestari, W., & Elmubarok, Z. (2016). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Siswa Terhadap Radikalisme Atas Nama Agama Isam. Journal of Educational Research and Evauatin, 5(1), 64–71.

Chrisnahanungkara, A. J. (2019). Gereja dan Pendidikan Seni Musik Bagi Anak. Tonika, 2(1), 63–74.

Durikase, F., & Purba, B. A. (2020). Peranan Pemusik Gereja dalam Mengiringi Nyanyian Jemaat. Musik Dan Pendidikan Musik, I(1), 36–42.

Fuadi, Sumaryanto, T., & Lestari, W. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Pembelajaran IPA Materi Tumbuhan Hijau Berbasis Starter Experiment Approach Berwawasan Konservasi. Journal of Educational Research and Evauatin, 4(1), 1–11.

Iryanti, V. E., Lestari, W., & Bisri, M. H. (2020). Textual Study of Sandul Performance Candigaron Village Sumowono District Semarang Regency. Proceeding of the 2nd International Conference on Interdisciplinary Arts and Humanities 2020. Yogyakarta.

Kristanto, A. (2017). Memahami Paradigma Pendidikan Seni. Abdiel, 1(8), 119–126.

Lontoh, F. O. (2016). Pengaruh Kotbah, Musik Gereja dan Fasilitas Gereja terhadap Tingkat Kehadiran Jemaat. Kerusso, 1(1), 1–15.

Manurung, K. (2019). Dunamis : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani Studi Analisis Kontekstual Ajaran Karunia Nubuat Rasul Paulus sebagai Dasar Evaluasi Kritis terhadap Fenomena Bernubuat di Gereja Beraliran Karismatik. Dunamis: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 4(1), 37–54.

Mugiri, & Lestari, W. (2013). Instrumen Evaluasi Program Dana Bos Model Cipp. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 2(1), 7–11.

Mukti, M. P. W., & Lestari, W. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya di SMP 1 Jekulo Kudus Pada Masa Pandemi Covid-19. Sitakara, VI(1), 112–123. Retrieved from http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.

Nirwanto, B. (2015). Musik Hadrah Nurul Ikhwan di Kabupaten Pemalang: Kajian Aransemen dan Analisis Musik. Jurnal Seni Musik, 4(1), 29–39.

Nurseto, G., Lestari, W., & Hartono. (2015). Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif Dan Kreatif. Catharsis, 4(2), 115–122.

Pranesta, R. H. (2017). Musik Kontemporer di dalam Ibadah Gereja Karismatik (Suatu Kajian Historis-Musikologis). Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 10(1), 70–95. Retrieved from Malang%0ASeminar Alkitab Asia Tenggara

Ranabumi, R., Rohmadi, M., & Subiyantoro, S. (2017). Penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 5 Kediri. Proceedings of Education and Language International Conference, 1(1), 664–668. Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/497489

Risna, G. N. (2016). Eksistensi Grup Musik Dangdut Bharata Desa Bentar Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Jurnal Seni Musik, 1(1), 1–8.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni (1st ed.). Semarang: Cipta Prima Nusantara Semarang.

Sasongko, M. H. (2016). Gereja Karismatik dan Inkulturasi Musik di dalam Sistem Ibadahnya. Yogyakarta: Program Pascasarjana S-3 Bidang Humaniora UGM.

Sasongko, M. H. (2019). Musik Etnik dan Pengembangan Musik Gereja. Tonika, 2(1), 32–47.

Sema, D. (2019). Pengajaran Musik Gereja Bercirikan Pentakosta Karismatik: Sebuah Kajian Bagi Pendidikan Musik Gereja Masa Kini. Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 9(2), 1–12. Retrieved from Malang%0ASeminar Alkitab Asia Tenggara

Sholikhah, J. N. (2018). Concerto In C Minor for Viola Karya Henri Casadesus dalam Tinjauan Bentuk Musik dan Teknik Permainan. Virtuoso (Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik), 1(2), 15–27.

Simanjuntak, F. J., Wadiyo, & Wafa, M. U. (2017). Penggunaan Musik dalam Ibadah Kontemporer di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jemaat Semarang Barat. Seni Musik, 6(2), 35–44.

Sofyan, A., & Susetyo, B. (2017). Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Semarang. Jurnal Seni Musik, 6(2), 1–8.

Suarga. (2019). Hakikat, Tujuan Dan Fungsi Evaluasi Dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 8(2), 327–338. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7844

Wijayanto, B. (2010). Akulturasi Gospel dalam Musik Gereja Kharismatik di Indonesia. Gelar (Jurnal Seni Budaya), 8(1), 1–15.

Wijayanto, B. (2015). Strategi Musikal dalam Ritual Pujian dan Penyembahan. Resital, 16(3), 125–140.

Published
2021-05-29
How to Cite
Nugroho, S., Wadiyo, W., Cahyono, A., & Lestari, W. (2021). Evaluasi Pelatihan Sangkakala di Gereja Higher Than Ever sebagai Media Pendidikan Seni. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 4(1), 22-40. https://doi.org/10.37368/tonika.v4i1.241

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.