Musik dalam Konteks Pendidikan Anak Usia Dini

  • MS Viktor Purhanudin IAIN Salatiga
  • R. Agustinus Arum Eka Nugroho Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kurikulum 2013 PAUD; musik; pembelajaran

Abstract

Musik merupakan suatu kajian yang melekat dalam tubuh kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Oleh karena itu, semua peserta didik PAUD diajarkan oleh gurunya materi tersebut. Dengan demikian guru PAUD mesti mengusai musik agar proses kegiatan belajar bidang musik dapat berjalan secara baik yang tunduk terhadap kurikulum 2013 PAUD. Namun sayang, mayoritas guru PAUD kurang begitu mengusai musik, akibatnya tatkala mereka menggelar pembelajaran musik tidak berjalan mulus terkadang juga melenceng dari aturan main kebijakan kurikulum 2013 PAUD. Dalam tulisan ini diungkapkan pelbagai persoalan tentang musik yang berkorelasi dengan PAUD. Pelbagai persoalan tersebut diantaranya: Pertama, deskripsi umum tentang musik. Kedua, posisi musik dalam kurikulum 2013 PAUD. Ketiga, prosedur pelaksanaan kegiatan belajar mengajar musik di PAUD. Dari hasil studi pustaka, musik merupakan entitas yang sangat kompleks, dalam kurikulum 2013 PAUD musik dipakai untuk menstimulasi perkembangan afektif kognitif dan psikomotor peserta didik, sementara inti pembelajaran musik di PAUD dijalankan dengan pendekatan humanistik.

References

Alimuddin, j. (2015). Lagu anak sebagai salah satu sarana mendidik anak. Jurnal ilmiah pendidikan dasar, 2(2), 108–116.

Ardipal, a. (2015). Kembalikan lagu anak-anak indonesia: sebuah analisis struktur musik. Panggung: jurnal seni dan budaya, 25(4), 343–355.

Azizah, e. N., tanto, o. D., naningtias, s. A., & rahmawati, r. U. (2021). Menyusun kurikulum paud (perencanaan pembelajaran dari rumah selama menghadapi pandemi covid-19). Ijce (indonesian journal of community engagement), 2(1), 14–19.

Ekawati, n. (2021). Pola konsumsi ikan pada anak paud harapan bangsa desa kandawaru kecamatan mundu-cirebon. Jendela aswaja, 2(01), 19–23.

Farida, f. N., & santika, t. (2021). Motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di paud nurul iman tegalsawah karawang. Joce (journal of community education), 2(1), 33–37.

Gardner, h. (2020). A synthesizing mind: a memoir from the creator of multiple intelligences theory. Mit press.

Haryono, m., & hadiwinarto, h. (2021). Kemampuan guru dalam merancang penilaian pembelajaran paud di gugus mengkudu bengkulu tengah. Ad-man-pend: jurnal administrasi manajemen pendidikan, 3(2), 30–40.

Hildayani, r., sugianto, m., tarigan, r., & handayani, e. (2014). Psikologi perkembangan anak.

Juniarni, c., arkas, n., aud, s. P., susi sumarti, s., kasim, j. R., psi, s., edrianis, s., fadillah, s., putri, a. A., & nengsih, e. (2020). Pengantar manajemen paud. Penerbit qiara media.

Juriadi, j. (2021). Perlindungan hukum terhadap pemegang hak terkait hak cipta atas peng-cover-an lagu di facebook menurut undang-undang no. 28 tahun 2014 tentang hak cipta dan hukum islam. Dinamika: jurnal ilmiah ilmu hukum, 27(7), 1022–1041.

Mawardi, i. (2021). Evaluasi penerapan kurikulum paud 2013 dengan teknik cippo di ra fairuz aqila dan tkit ukhuwah islamiyah. Proceeding umsurabaya, 1(1).

Monica, m. A., & yaswinda, y. (2021). Analisis implementasi kurikulum 2013 paud di masa pandemi covid-19 di indonesia. Jurnal basicedu, 5(2), 643–653.

Munir, m. A. (n.d.). Makna lirik lagu fiersa besari celengan rindu “kajian hermeneutika.”

Musayyadah, m., gupita, n., & prastyo, d. (2021). Implementasi dan problematika pemberlakuan kurikulum 2013 paud terhadap pembelajaran paud (studi di kabupaten sumenep dan pamekasan). Kiddo: jurnal pendidikan islam anak usia dini, 2(1).

Nurkamilah, n. (2020). Strategi pembelajaran perkembangan bahasa anak usia dini kelompok b melalui musik dengan media barang bekas di paud khadijatul kubra kelurahan basirih banjarmasin.

Pramono, m. (2021). Hubungan minat pada musik dengan kreativitas. Universitas 17 agustus 1945 surabaya.

Primayana, k. H. (2020). Perencanaan pembelajaran pendidikan anak usia dini dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Prosiding seminar nasional dharma acarya, 1(3), 321–328.

Purhanudin, m. S. V. (n.d.). Musik anak pengetahuan musik untuk guru paud.

Rianto, n. (2021). Pengenalan alat musik tradisional lampung menggunakan augmented reality berbasis android. Jurnal informatika dan rekayasa perangkat lunak, 2(1), 64–72.

Saputra, b. R., darmaji, d., supriyanto, a., & ulfatin, n. (2020). Urgensi landasan yuridis-politis dalam kebijakan pendidikan di indonesia. Pedagogi: jurnal ilmu pendidikan, 20(2), 15–20.

Saragih, w. (2021). Misi musik: menyembah atau menghujat allah. Penerbit andi.

Sulaiman, s., & neviyarni, s. (2021). Teori belajar menurut aliran psikologi humanistik serta implikasinya dalam proses belajar dan pembelajaran. Jurnal sikola: jurnal kajian pendidikan dan pembelajaran, 2(3).

Taftazani, m., & permana, c. S. (2021). Pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pendidikan karakter di kelas i sdn kubangsari kabupaten tasikmalaya. Moch. Taftazani: 146040032. Seni musik.

Wahidah, w. (2020). Implementasi seni musik perkusi dalam mengembangkan rasa percaya diri (self confidence) anak kelompok b di paud terpadu ar-rahman banjarmasin.

Published
2021-05-29
How to Cite
Purhanudin, M., & Nugroho, R. A. (2021). Musik dalam Konteks Pendidikan Anak Usia Dini. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 4(1), 41-51. https://doi.org/10.37368/tonika.v4i1.244

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.