Project Based Learning dalam Pembelajaran Piano di Nugroho Music Course, Kabupaten Sukoharjo
Abstract
Project based learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang inovatif bagi sistem pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan serta menjelaskan project based learning, dan karakteristik proyek pembelajaran piano yang terdapat di Nugroho Music Course, Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari Nugroho Music Course menggunakan project based learning adalah pengembangan keterampilan praktis dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata pada siswa. Lalu karakteristik proyek yang dibuat siswa adalah dengan membuat lagu dengan lirik ataupun tanpa lirik. Kesimpulan penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran piano dengan metode project based learning di Nugroho Music Course sebagai sekolah non formal merupakan suatu hal inovatif. Karakteristik proyek pembelajaran piano yang dibuat juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif sesuai dengan interpretasi musikal masing-masing.
References
Desyandri, & Maulani, P. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 58–67. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd58
Elian, A. F., & Ilyas. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif Pada Kursus Mahacoustic Music Management Di Kota Semarang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 111–120. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.111-120.2020
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Herdianti, S., Respati, R., & Ganda, N. (2021). Peranan Bahan Ajar Berbasis Lagu Daerah pada Pembelajaran Angklung di Sekolah Dasar. Pedidadiktatika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 51–61. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32736
Kumala, O. Y., Ramadhanti, S., & Irianto, I. S. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Repertoar Musik I untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kepekaan Individu Mahasiswa dalam Pertunjukan Paduan Suara di Prodi Sendratasik FKIP-Universitas Jambi. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 7(2), 97–103. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/Besaung/article/view/2467%0Ahttp://ejournal.uigm.ac.id/index.php/Besaung/article/viewFile/2467/1695
Kusnawan, H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas IX melalui Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.53889/jpig.v1i1.18
Maulina, L., & Sejati, I. R. H. (2023). Kreativitas Musikal Guru dalam Pembuatan Aransemen sebagai Materi Pembelajaran Biola Kursus Musik Shinning Star School Tegal. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 6(1), 51–70. https://doi.org/10.37368/tonika.v6i1.490
Ningrum, F. S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2022). Peran Pembelajaran Musik melalui Project Based Learning terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 704–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1559
Nugroho, A. E., & Dewi, S. E. P. (2022). Implementation Of Project Based Learning (PjBL) Method On Music Learning In Junior High School Regina Pacis Surakarta. Jurnal Seni Musik, 11(1), 102–111. https://doi.org/10.15294/jsm.v11i1.56645
Pramudya, N. A. (2019). Penciptaan Karya Komposisi Musik Sebagai Sebuah Penyampaian Makna Pengalaman Empiris Menjadi Sebuah Mahakarya. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 17(1), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.33153/glr.v17i1.2597
Pratiwi, A., Hidayat, M. N., & Ferawati. (2019). Pengaruh Project Based Learning menggunakan Media Musik Pop terhadap Hasil Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0, 32–36. http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/567
Purba, E. F., & Simanjuntak, P. (2011). Metode Penelitian. SADIA.
Raco. (2010). Metode Penelltlan Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rianto, P. (2020). Modul Metode Penelitian Kualitatif. Komunikasi UII.
Sandi, N. V. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pembelajaran Drama Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1), 14–30.
Widayanti, M. D., & Setiawati, F. A. (2019). Project Based Learning Improves 5-6 Years Olds Cooperative Skills. Joint Proceedings of the International Conference on Social Science and Character Educations (IcoSSCE 2018) and International Conference on Social Studies, Moral, and Character Education (ICSMC 2018). https://doi.org/10.2991/icossce-icsmc-18.2019.3
Wulandari, D., Rahayuningtyas, W., & Widyawati, I. W. (2021). Pengaruh Model Project Base Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Bermain Alat Musik Sederhana di SMP Negeri 3 Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(3), 320–330. https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p320-330
Copyright (c) 2023 Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.