Kurikulum Musik dan Pengembangan Sosial-Emosional Siswa

Sebuah Kajian Kurikulum Musik dalam Pendidikan

  • Fazrin Sheila Ananda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yudi Sukmayadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sandie Gunara Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: kurikulum musik, pengembangan sosial-emosional, perkembangan siswa, tinjauan literatur

Abstract

Sosial-emosional menjadi aspek yang minim diperhatikan dalam pembelajaran musik didasari atas fokus berlebih terhadap penguasaan alat musik dalam capaiannya. Penelitian ini mengeksplorasi peran kurikulum pendidikan musik dalam mendukung perkembangan sosial-emosional siswa di berbagai jenjang pendidikan. Melalui tinjauan literatur yang komprehensif, temuan menunjukkan bahwa musik berfungsi sebagai sarana ekspresi emosi yang efektif, membantu siswa menyalurkan dan mengelola perasaan mereka. Partisipasi dalam ansambel musik, seperti paduan suara dan orkestra, mengembangkan keterampilan sosial siswa, termasuk komunikasi dan kerjasama. Selain itu, keterlibatan dalam program musik berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan emosional siswa, mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kebahagiaan. Strategi pengajaran yang mengintegrasikan pembelajaran sosial-emosional (SEL) dalam pendidikan musik terbukti efektif dalam mendukung perkembangan holistik siswa. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan signifikan dalam implementasi, seperti kurangnya pelatihan guru dan keterbatasan sumber daya. Implikasi dari temuan ini menekankan perlunya pengembangan kurikulum musik yang lebih inklusif dan holistik serta peningkatan pelatihan dan dukungan sumber daya bagi guru. Rekomendasi untuk pembuat kebijakan dan pendidik mencakup peningkatan pelatihan guru dalam pendekatan pengajaran yang mendukung sosial-emosional, alokasi sumber daya yang memadai untuk program musik, dan penelitian lebih lanjut tentang dampak jangka panjang pendidikan musik terhadap perkembangan sosial-emosional siswa. Dengan demikian, pendidikan musik dapat menjadi alat yang kuat untuk mendukung perkembangan emosional dan sosial siswa, menciptakan individu yang seimbang secara akademis dan emosional.

References

Aulia, S. M., Ardipal, A., & Yuliasma, Y. (2014). Pembelajaran Pola Ritem untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) dengan Media Warna. Jurnal Sendratasik, 3(2), 57–69. https://doi.org/10.24036/JSU.V2I2.3124
Barrett, M. S. (2010). Musical narratives: A study of a young child’s identity work in and through music-making. Psychology of Music, 39(4), 403–423. https://doi.org/10.1177/0305735610373054
Batubara, J. (2021). DESTINASI: Kolaborasi Kreatif Musik Digital, Puisi dan Tari. Resital:Jurnal Seni Pertunjukan, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.24821/RESITAL.V22I1.5866
Chasanah, I. (2018). Metode Pembelajaran untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak di TK Aisyiyah Sidoharjo Klaten. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2). https://doi.org/10.22515/BG.V3I2.3289
Djohan, D. (2009). Kemampuan Musikalitas Sebagai Sarana Pengembangan Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.21831/pep.v13i1.1405
Eerola, P. S., & Eerola, T. (2014). Extended music education enhances the quality of school life. Music Education Research, 16(1), 88–104. https://doi.org/10.1080/14613808.2013.829428
Fitri, Y. M., & Nurhafizah, N. (2021). Pengaruh Metode Gerak dan Lagu Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Kota Padang. Jurnal Basicedu, 5(2), 636–642. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I2.779
Hallam, S. (2010). The power of music: Its impact on the intellectual, social and personal development of children and young people. International Journal of Music Education, 28(3), 269–289. https://doi.org/10.1177/0255761410370658
Hidayatullah, R. (2020). Kreativitas dalam Pendidikan Musik. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V2I1.32
Kristianto, A. (2017). Memahami Paradigma Pendidikan Seni. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 1(01), 119–126. https://doi.org/10.37368/JA.V1I01.90
Kupana, M. N. (2013). Social Emotional Learning and Music Education. SED-Sanat Eğitimi Dergisi, 3(1), 75–88. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=687380
Latuheru, C. R. (2019). Efektivitas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Pembelajaran Seni Musik Pada SMP Negeri 4 Ambon Maluku. DESKOVI : Art and Design Journal, 2(1), 13–20. https://doi.org/10.51804/DESKOVI.V2I1.405
Lisnawati, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Muatan Lokal Seni Musik Pada Program Pendidikan Kesetaraan di PKBM Al Kahfi Kota Serang. Jurnal Pendidikan UNIGA, 17(1), 716–727. https://doi.org/10.52434/JPU.V17I1.2680
Maharani, I., Efendi, N., & Oktira, Y. S. (2022). Studi Literatur Seni Musik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13090–13098. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.10699
Mawarni, A. I., Djohan, D., & Raharjo, R. (2023). Peran Musical Group Interaction dalam Mereduksi Kecemasan (Studi Kasus Marskanskey String Quartet) . IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(2). https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA/article/view/10465
Mayangsari, D., & Umroh, V. (2014). Peran Keluarga dalam Memotivasi Anak Usia Dini dengan Metode Quantum Learning. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 76–82. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i2.3550
Murcahyanto, H., Fahrurrozi, M., & Mohzana, M. (2021). Pengaruh Program Seniman Masuk Sekolah terhadap Motivasi Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 215–222. https://doi.org/10.31539/JOEAI.V4I1.2148
Ningrum, F. S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2021). Peran Pembelajaran Musik melalui Project Based Learning terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 704–718. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I2.1559
Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I6.3032
Oktadus, H. Y. (2022). Implikasi Pelatihan Musik Bagi Tujuan Pendidikan. EKSPRESI: Indonesian Art Journal, 11(2), 79–89. https://doi.org/10.24821/EKP.V11I2.9177
Putra, A. D., Sauri, S., & Kosasih, A. (2022). Pendidikan Musik sebagai Wahana Pendidikan Nilai. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.24036/MUSIKOLASTIKA.V4I1.78
Rickard, N. S., Appelman, P., James, R., Murphy, F., Gill, A., & Bambrick, C. (2012). Orchestrating life skills: The effect of increased school-based music classes on children’s social competence and self-esteem. International Journal of Music Education, 31(3), 292–309. https://doi.org/10.1177/0255761411434824
Riyadi, L., & Sukmayadi, Y. (2023). Pengaruh Musik sebagai Media Intervensi Terhadap Kemampuan Anak Berbahasa. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 5(2), 127–138. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v5i2.132
Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media Musik dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35–40. https://doi.org/10.26737/JPDI.V2I2.330
Setyawab, A. D. (2017). Karawitan Jawa sebagai Media Belajar dan Media Komunikasi Sosial. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2). https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V3I2.825
Silawati, R., & Susmiarti, S. (2023). Pendekatan Holistik Dalam Pembelajaran Seni Budaya Tari di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Student Scientific Creativity Journal, 1(6), `106-116. https://doi.org/10.55606/SSCJ-AMIK.V1I6.2317
Simatupang, N. D., Sholichah, S. A., & Simanjuntak, I. A. (2023). Pelatihan Musik Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Bermusik Guru PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.33222/PELITAPAUD.V8I1.3225
Sinamo, R., Sinurat, M., Silalahi, D., & Gea, I. (2023). Analisa Fungsi Kepemimpinan Paduan Suara Teologi dan Manfaat Paduan Suara Teologi Bagi Mahasiswa Prodi Teologi. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11799–11806. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/290
Suryasuciramdhan, A., Yusuf, M., Faiza, N. M., & Rendi, R. (2024). Musik sebagai Sarana Untuk Mengekspresikan Diri: Analisis Lirik Lagu “Membasuh” Karya Hindia. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 10–15. https://doi.org/10.58192/POPULER.V3I2.2122
Tio, O., Nainggolan, P., & Martin, V. A. (2019). Pembelajaran Musik Kreatif Dalam Sudut Pandang Pembelajaran Abad ke-21. PROMUSIKA, 7(2), 85–92. https://doi.org/10.24821/PROMUSIKA.V7I2.3454
Wibisono, L. H. M., Karsono, K., & Daryanto, J. (2024). Analisis aktivitas pembelajaran SBdP muatan seni musik pada kurikulum merdeka ditinjau dari perspektif pendidikan seni holistik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 25–30. https://doi.org/10.20961/DDI.V12I1.80117
Published
2025-01-21
How to Cite
Ananda, F., Sukmayadi, Y., & Gunara, S. (2025). Kurikulum Musik dan Pengembangan Sosial-Emosional Siswa. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 7(2), 128-141. https://doi.org/10.37368/tonika.v7i2.756

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.