Proses Induksi Emosi Oleh Musik (Kajian Literatur)

  • Gabriella Charis Hariyanto Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Keywords: induksi emosi, musik, music, emotion induction

Abstract

Musik merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Keberadaan musik bukan hanya ada pada aktivitas sehari-hari namun merupakan hasil pemikiran manusia. Musik memiliki berbagai fungsi. Manusia dapat merasakan fungsi musik karena berkaitan dengan emosi manusia. Berbagai penelitian membuktikan bahwa musik dapat menginduksi emosi. Proses induksi emosi oleh musik hingga kini masih diteliti melalui berbagai bidang seperti musikologi, psikologi dan neurosains. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana emosi diinduksi oleh musik melalui mekanisme psikologis. Mekanisme psikologis yang terlibat dalam induksi musik terhadap emosi terdiri dari (1) refleks batang otak, (2) pengkondisian evaluatif, (3), penularan emosional, (4) perumpamaan visual, (5) ingatan episodik, dan (6) ekspektasi musikal. Induksi emosi oleh musik juga memicu aktivitas dalam otak khususnya amigdala. Amigdala merupakan bagian dari sistem limbik yang mengatur emosi manusia. Proses induksi emosi oleh musik secara biologis dan psikologis saling berkaitan. Perlu penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan proses dan organ spesifik yang bekerja agar dapat mengetahui proses induksi emosi oleh musik secara mendalam.

Music is an inseparable part of human life. The existence of music is not only in daily activities but is the result of human thought. Music has a variety of functions. Humans can feel the function of music because it is related to human emotions. Various studies prove that music can induce emotions. The process of induction of emotions by music is still being researched through various fields such as musicology, psychology and neuroscience. This article aims to explain how emotions are induced by music through psychological mechanisms. The psychological mechanisms involved in musical induction of emotions consist of (1) brainstem reflexes, (2) evaluative conditioning, (3), emotional contagion, (4) visual imagery, (5) episodic memories, and (6) musical expectancy. Induction of emotions by music also triggers activity in the brain, especially the amygdala. The amygdala is part of the limbic system that regulates human emotions. The process of induction of emotions by music is biologically and psychologically interrelated. Further research is needed to explain the specific processes and organs that work in order to understand the process of induction of emotions by music in depth.

References

Cahyani, A. R., & Tasalim, R. (2024). Efektivitas Terapi Relaksasi Otot Progresif dan Terapi Musik Suara Alam Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Semester Akhir. Journal of Health (JoH), 11(1), 52–60.
Creswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. thousand oaks, ca: Sage London.
Damasio, A. R. (1995). REVIEW■: Toward a Neurobiology of Emotion and Feeling: Operational Concepts and Hypotheses. The Neuroscientist, 1(1), 19–25.
Darsini, D., Fahrurrozi, F., & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan; artikel review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 13.
De Houwer, J., & Hermans, D. (2010). Cognition and emotion: Reviews of current research and theories.
Djohan. (2020). Psikologi Musik. Kanisius.
Hanafi, I. (2016). Neurosains-spiritualitas dan pengembangan potensi kreatif. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 3(1), 23–38.
Hodges, D.A. & Sebald, D.C (2011). Music in the Human Experience: An Introduction to Music Psychology (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203834978
Hodges, D. A. (2019). Music in the human experience: An introduction to music psychology. Routledge.
Juslin, P. N., & Västfjäll, D. (2008). Emotional responses to music: The need to consider underlying mechanisms. Behavioral and Brain Sciences, 31(5), 559–575. https://doi.org/DOI: 10.1017/S0140525X08005293
Koelsch, S. (2010). Towards a neural basis of music-evoked emotions. Trends in Cognitive Sciences, 14(3), 131–137.
Kurniawati, R., & Ilmiyah, V. A. (2023). Efek Musik Suara Alam (Nature Sounds Music) terhadap Penurunan Kecemasan pada Pasien Pasca Stroke. Jurnal Kesehatan, 12(1), 12-18.
Nendra, K. B. K., Wongkar, D., & Pasiak, T. (2022). Gangguan Sistem Limbik dengan Manifestasi Rasa Takut pada Masa Pandemi COVID-19. EBiomedik, 10(1).
Pulvermüller, F., Garagnani, M., & Wennekers, T. (2014). Thinking in circuits: toward neurobiological explanation in cognitive neuroscience. Biological Cybernetics, 108(5), 573–593. https://doi.org/10.1007/s00422-014-0603-9
Saguni, F. (2006). Prinsip-prinsip kognitif pembelajaran multimedia: peran modality dan contiguity terhadap peningkatan hasil belajar. INSAN, 8(3), 147–157.
Supradewi, R. (2010). Otak, musik, dan proses belajar. Buletin Psikologi, 18(2).
Wulandari, A., & Suyadi, S. (2019). Pengembangan emosi positif dalam pendikan Islam perspektif neurosains. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 51–67.
Published
2025-01-21
How to Cite
Hariyanto, G. (2025). Proses Induksi Emosi Oleh Musik (Kajian Literatur). Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 7(2), 116-127. https://doi.org/10.37368/tonika.v7i2.802

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.