Peran Gereja dalam Pengembangan Pendidikan Kristen bagi Anak Muda pada Era Teknologi Digital

  • Remelia Dalensang Universitas Halmahera
  • Melky Molle Universitas Halmahera
Keywords: anak muda; pendidikan kristen; peran gereja; teknologi digital

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran gereja dalam pengembangan pendidikan Kristen bagi anak muda di era digital. Gereja harus berperan aktif dan kreatif dalam menjalankan misinya. Pendidikan Kristen merupakan misi gereja yang harus dikemas secara kreatif pada era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tahapan yang dilakukan ialah observasi awal, pengumpulan data dan analisis data. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Data didapatkan melalui wawancara dengan informan yang telah ditentukan sejak awal penelitian. Dari hasil penelitian lapangan di jemaat Ikhthus Wari dapat disimpulkan bahwa gereja belum terlalu berperan aktif pada era digital. Pengembangan pendidikan Kristen tentunya terhambat dengan perkembangan teknologi digital. Tidak dapat dipungkiri bahwa karena ketidakmampuan gereja memanfaatkan teknologi digital, maka hal ini dapat melunturkan nilai-nilai kristiani. Pendidikan Kristen tidak dapat memenuhi kebutuhan anak muda. Karena itulah, Gereja perlu memikirkan perannya pada era digital ini. Jika gereja belum mampu memanfaatkan teknologi digital, maka Gereja perlu menunjukkan perannya sebagai duta edukasi yang mampu mempertahankan nilai-nilai kekristenan pada era digital.

References

Afandi, Yahya. “Gereja Dan Pengaruh Teknologi Informasi ‘Digital Ecclesiology.’” Jurnal Fidei 1, no. 1 (2018): 279–280.

Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual: Mempertimbangkan Realitas Kemajemukan Dalam Pendidikan Agama. 1st ed. Jakarta: Gunung Mulia, 2010.

Benny Hutahayan. Kepemimpinan Spiritualitas Dan Media Sosial Pada Rohani Pemuda Di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Cililitan. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish (Group Penerbitan CV. Budi Utama), 2019.

Bigman Sirait. Gereja Yang Membumi. Edited by Slawi. 3rd ed. Jakarta: Yapama, 2015.

Boiliu, Fredik Melkias. “Pendidikan Agama Kristen Yang Antipatif Dan Hoaks Di Era Digital: Tinjauan Literatur Review.” Gema Wiralodra 11, no. 1 (2020): 166.

Budiono, Aryanto. “Inovasi Pengajaran Firman Di Era Revolusi Industri 4.0.” Prudentia 1, no. 2 (2018): 132.

Hartono, Handreas. “Mengaktualisasikan Amanat Agung Matius 28 : 19-20 Dalam Konteks Era Digital.” Kurios (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 4, no. 2 (2018): 164–165.

Herwanta, Albertus. Berteologi Baru Untuk Indonesia. Yogyakarta Kanisius, 2020.

Kwen, Krisantus Minggu. “Pewartaan Dan Etika Bermedia: Tantangan Dalam Mengembangkan Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Reinha 7, no. 2 (2017): 94–95.

Lie, Tan Giok. “Suatu Model Kolaboratif Pendidikan Kristen Terhadap Tantangan Paradigmatik Era Ini.” Stulos 16, no. 2 (2018): 144.

Nasrudin, Juhana. “Relasi Agama, Magi, Sains Dengan Sistem Pengobatan Tradisional-Modern Pada Masyarakat Pedesaan.” Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama 2, no. 1 (2019): 46.

Prijanto, Jossapat Hendra. “Panggilan Guru Kristen Sebagai Wujud Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Penanaman Nilai Alkitabiah Pada Era Digital.” Polygot: Jurnal Ilmiah 13, no. 2 (2017): 104.

Putra, Agatha kharis Wibisono. “Hyperreality, Sebuah Tantangan Bagi Gereja Masa Kini.” Universitas Kristen Duta Wacana, 2017.

Rahmat, Stephanus Turibius. “Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 10, no. 2 (2018): 144.

Rantung, Djoys Anneke, and Fredik Melkias Boiliu. “Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif Di Era Revolusi Indusri 4.0.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020): 99.

Ronda, Daniel. “Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Teknologi.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 1–8.

Subandi, Silvanus. “Panggilan Menjadi Saksi Kasih: Misi Gereja Di Kalimantan Tengah Dalam Millenium Ketiga.” SEPAKAT 1, no. 1 (2011): 4.

Yulianti, Sulsalman Moita, and Ambo Upe. “Konstruksi Sosial Dalam Praktik Pengobatan Oleh Dukun Dan Medis (Studi Di Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah).” Neo Societal, 2018.

Published
2021-10-29
How to Cite
Dalensang, Remelia, and Melky Molle. “Peran Gereja Dalam Pengembangan Pendidikan Kristen Bagi Anak Muda Pada Era Teknologi Digital”. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 2 (October 29, 2021): 255-271. Accessed December 8, 2021. https://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/189.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.