Tinjauan Diakronik terhadap Konsep dan Praktik Diakonia Sinode Gereja Isa Almasih

  • Jairus Hasugian Sekolah Tinggi Teologi Abdiel
Keywords: diakonia; Gereja Isa Almasih; konsep; praktik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pelayanan diakonia GIA. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan diakronik. Sampel peneltian adalah Departemen Pelayanan Diakonia Sinode GIA. Sumber utama terdiri buku-buku yang berisi dokumen-dokumen tentang pelayanan diakonia GIA seperti buku Laporan Persidangan Sinode GIA, buku Ulang Tahun Sinode, majalah, buletin, artikel, dan sebagainya. Sedangkan sumber penunjang diperoleh dari buku-buku yang berisi tentang diakonia. Pencarian terhadap sumber utama dilakukan di beberapa perpustakaan, antara lain: perpustakaan MPH Sinode GIA, perpustakaan STT Abdiel, dan juga perpustakaan pribadi penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan Diakonia GIA sudah muncul sejak awal, yakni ketika gereja ini masih kecil dan usianyapun masih sangat muda. Sasaran diakonia GIA bukan hanya warga jemaat sendiri tetapi juga diluar jemaat bahkan non-Kristen; tidak hanya untuk individu-individu, melainkan juga untuk masyarakat luas, seperti korban perang dan korban bencana alam. Tidak hanya bersifat karitatif tetapi juga reformatif bahkan transformatif. Diakonia karitatif diwujudkan berupa pemberian bantuan kepada orang miskin, baik di internal gereja sendiri maupun diluar gereja; diakonia reformatif ditunjukkan melalui pelatihan-pelatihan dan pemberian modal, serta pendidikan; sedangkan diakonia transformatif memang lebih ke perubahan rohani.

References

Bosch, David J. Transformasi Misi Kristen, Sejarah Teologi Misi Yang Mengubah Dan Berubah. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997.

Choeldahono, Novembri. “Gereja, Lembaga Pelayanan Kristen, dan Diakonia Transformatif.” Dalam Agama Dalam Praksis, Bambang Subandrijo. Jakarta: BPK Gunung Mulia & Yayasan Widya Bhakti, 2003.

Gossweiller, Christian. Dokumentasi Mata Kuliah “Gereja, Misi & Transformasi”. Diktat Program S2. Semarang: Sekolah Tinggi Teologi Abdiel Ungaran.

Hehanussa, Josef M.N. Pelayanan Diakonia Yang Transformatif: Tuntutan atau Tantangan (Tinjauan Kritis Terhadap Pelaksanaan Diakonia Gereja). Gema Teologi, Jurmal Teologi Konekstual 36, no. 1 (2012).

Latuihamallo, P.D. Gereja Dan Masyarakat Dalam Pergerakan Oikumene Di Indonesia. Dalam Dua Puluh Lima Tahun DGI. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1975.

Majalah Rohani Satoe, Sarana Transformasi Koe, Edisi VI/2004.

Manansang, Linda dan Panggara, Robi. Repository STT Jaffray Makassar, Vol 3 No 1 (2021): Skripsi Online 3, No. 1 (2021).

Manullang, Rachmat T. Gereja Sekota yang Mentransformasi Kota. Jakarta: Metanoia, 2003.

Marantika, Chris. Penginjilan Sedunia Masa Kini. Dalam Gereja Dalam Pendakian Puncak Sejarah Dunia, editor Daniel Damaledo, dkk. Yogyakarta: Yayasan Andi Offset, 1987.

Naiggolan, Dina Maria. Diakonia Lintas Agama Lintas Gender: Suatu Pengantar Teologi Kristiani dalam Praktek Diakonal Linatas Agama dan Lintas Gender. Jurnal Scripta 11, no. 1 (2021): 28-40.

Panitia HUT ke-50 GIA. Lima Puluh Tahun GIA. Semarang: t. p., 1996.

Saryono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alfabeta, 2010.

Siwu, Richard A.D. Oikumenikalisme dan Evangelikalisme. Dalam Gerakan Oikumene, Tegar Mekar Di Bumi Pancasila, editor J. M. Pattiasina dan Weinata Sairin. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1993.

Stott, John. Isu-Isu Global Menantang Kepemimpinan Kristiani, Penilaian Atas Masalah Sosial Dan Moral Kontemporer. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1994.

Tan, Paul. Tidak Berfungsinya Kerasulan Menghambat Transformasi. Majalah Pemimpin Rohani “Unity”, Edisi ke-3.

Tjoan, Tan Hok. Buku Peringatan Berdiri 10 Tahun Dari Geredja Isa Almasih (Sing Ling Kauw Hwee) Di Indonesia. Semarang: MPH Sinode GIA, 1956.

____________. MPH Sinode GIA, Jehovah Jireh. Semarang: t. p., 1976.

____________. Laporan Lengkap Persidangan Sinode XI GIA. Semarang: t. p., 1980.

____________. Tata Gereja dan Tata Tertib Sinode GIA. Semarang: t. p., 1994.

____________. Laporan Lengkap Persidangan ke-XV Sinode GIA. Semarang: t. p., 1993.

____________. Materi Sidang Sinode XVI GIA. Semarang: t. p., 1996.

____________. Materi Sidang Sinode XIX GIA. Semarang: t. p., 2005.

____________. Materi Sidang Sinode XX GIA. Semarang: t. p., 2008.

____________. Materi Sidang Sinode XXI GIA. Semarang: t. p., 2012.

____________. Materi Sidang Sinode XXII GIA. Semarang: t. p., 2016.

Waruwu, Hudiman dan Pranoto, Minggus Minarto. Kolaborasi Teori Keadilan John Rawls Dan Diakonia Transformatif Josef Purnama Widyatmadja Untuk Komunitas Yang Memperjuangkan Keadilan. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen, dan Musik Gereja 4, no. 1 (2020).

Widiatmadja, Y.P. Diakonia Sebagai Misi Gereja, Yogyakarta: Kanisius dalam Krido Siswanto, Tinjauan Teoritis Dan Teologis Terhadap Diakonia Transformatif Gereja, Jurnal Simpson 1, no. 1 (2014).

Williams, Theodore. Misi Dan Jemaat Lokal. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/ OFM, t.th.

Published
2021-10-29
How to Cite
Hasugian, Jairus. “Tinjauan Diakronik Terhadap Konsep Dan Praktik Diakonia Sinode Gereja Isa Almasih”. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 2 (October 29, 2021): 224-242. Accessed December 8, 2021. https://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/313.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.