Signifikansi Teori Horace Bushnell bagi Pendidikan Keluarga Kristiani di Era Revolusi Industri 4.0

  • Tjendanawangi Saputra Institut Agama Kristen Negeri Toraja
Keywords: Horace Bushnell; keluarga; nilai-nilai kristiani; pendidikan; teknologi.

Abstract

Artikel ini membahas mengenai peran pentingnya pendidikan nilai-nilai Kristen di keluarga dalam menghadapi pengaruh pesatnya perkembangan teknologi digital di era revolusi industri 4.0. Kemajuan teknologi telah berdampak besar dalam kehidupan manusia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Aspek positif dari perkembangan ini adalah masyarakat semakin dekat dengan teknologi yang dapat membantu kerja lebih efisien. Namun di sisi lain juga banyak dijumpai berbagai penyimpangan atau pelanggaran etika dalam penggunaan teknologi digital dan internet seperti pornografi, cyberbullying, judi, dan kecanduan internet, yang dapat menyebabkan degradasi moral. Untuk itulah diperlukan penanaman nilai-nilai kristiani yang dimulai sejak dini. Melalui kajian deskriptif dengan metode studi kepustakaan, akan digambarkan kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh generasi saat ini serta bagaimana peran penting pendidikan Kristen yang dimulai dari keluarga berdasarkan pemikiran Horache Bushnell. Bushnell memfokuskan pendidikan pada penanaman nilai-nilai kebaikan berdasarkan iman Kristen melalui kurikulum pendidikan kristiani dalam keluarga seperti pengendalian tubuh, perkembangan kesalehan/kesalehan hidup, dan keanggotaan dalam jemaat, yang berguna untuk membekali generasi sekarang ini menjadi generasi yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan zaman dengan tidak meninggalkan atau menyimpang dari nilai-nilai kebenaran Firman Tuhan.

References

Alinurdin, David. “Etika Kristen Dan Teknologi Informasi: Sebuah Tinjauan Menurut Perspektif Alkitab.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 17, no. 2 (2018): 95.

APJJ, Buletin. “Siaran Pers: Pengguna Internet Indonesia Hampir Tembus 200 Juta Di 2019 – Q2 2020.” Last modified 2020. https://blog.apjii.or.id/index.php/2020/11/09/siaran-pers-pengguna-internet-indonesia-hampir-tembus-200-juta-di-2019-q2-2020/.

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktik Pendidikan Agama Kristen, Dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK Di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Boiliu, Noh Ibrahim. Filsafat Pendidikan Kristen. Jakarta: UKI Press, 2017.

Bushnell, Horace. Christian Nurture. London: YALE University Press, 1947.

Dewi, Elisabeth Savitri Lukita. “Pola Asuhan Kristen Christian Nurture Horace Bushnell Dan Implementasinya Bagi Keluarga Di Era Digital 4.0.” KERUGMA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2021): 19–32.

Groome, Thomas H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Homrighausen dan Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1996.

Ismail, Andar. Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1998.

Kimbal, Stevie Cornelia, Johanna Setlight, and Deflita R.N. Lumi. “Internalisasi Pendidikan Kristiani Dalam Keluarga.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7, no. 6 (October 5, 2021): 90–107. Accessed March 17, 2022. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/966.

Nuraeni. “Menyelamatkan Anak Dari Pengaruh Negatif Internet.” KOMINFO. Last modified 2016. https://kominfo.go.id/content/detail/6789/menyelamatkan-anak- dari-pengaruh-negatif-internet/0/sorotan_media.

Pudjianto, Bambang. Dinamika Spiritualitas Generasi Muda Kristen Indonesia. Jakarta: Yayasan BRC, 2018.

Putra, Yanuar Surya. “Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi.” Jurnal Ilmiah Among Makarti 9 (2016): 123–134.

Rakhmah, Diyan Nur, and Siti Nur Azizah. “Gen Z Dominan, Apa Maknanya Bagi Pendidikan Kita?” Masyarakat Indonesia 46/1, no. Juni (2020): 49–64. https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita.

Rantung, Djoys Anneke, and Fredik Melkias Boiliu. “Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif Di Era Revolusi Indusri 4.0.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020).

Setiadi, M. Elly. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2011.

Sidjabat, B.S. “Kerangka Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Berbasis Karakter Di Perguruan Tinggi: Character-Based Christian Religious Education Curriculum Framework in Higher Education.” Jurnal Jaffray 17 (2019): 73–90.

———. Membangun Pribadi Unggul. Yogyakarta: ANDI, 2011.

———. Strategi Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2002.

SINDO, Koran. “Waspada Dampak Buruk Gadget Pada Anak.” Last modified 2020. https://nasional.sindonews.com/read/121828/18/waspada-dampak-buruk-gadget-pada-anak-1596467282.

Square, Franklin. Life and Letters of Horace Bushnell. New York: Harper&Brothers Publishers, 1880.

Vandiano, Vardik. “Signifikansi Konsep Christian NurtureMenurut Horace Bushnell BagiKeluarga Kristen.” Real Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 39–45.

Wijono, Hadion. Generasi Z Dan Revolusi Industri 4.0. Banyumas: Pena Persada, 2020.

Published
2022-04-28
How to Cite
Saputra, Tjendanawangi. “Signifikansi Teori Horace Bushnell Bagi Pendidikan Keluarga Kristiani Di Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 6, no. 1 (April 28, 2022): 55-72. Accessed October 1, 2022. https://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/349.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.