Korban dan Kekerasan dalam Kejadian 3:21
Abstract
Fenomena kekerasan merupakan sesuatu yang sering terjadi dalam konteks keluarga, sosial, agama-agama, bahkan juga terjadi terhadap hewan. Oleh sebab itu, tindakan kekerasan menjadi tidak dibatasi kepada siapa tindakan tersebut dilakukan. Namun, dari tindakan tersebut biasanya dilatarbelakangi faktor yang memunculkan tindakan kekerasan tersebut. Sehingga korban tindakan kekerasan tersebut juga muncul dalam Kejadian 3:21 yang dialami oleh hewan. Tujuan tulisan ini untuk menganalisis tindakan kekerasan yang terjadi dalam Kejadian 3:21 menggunakan teori “kambing hitam” René Girard. Adanya mekanisme “kambing hitam” tersebut diperlukan bertujuan untuk menetralisir konflik yang terjadi. Di mana dalam proses pembuatan pakaian untuk manusia, rupanya Allah menggunakan kulit binatang yang tentunya mengandung tindakan kekerasan, yaitu terhadap hewan. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini menunjukkan makna dibalik kekerasan yang dilakukan Allah, bahwa Allah masih memedulikan manusia dan masih memperbaiki relasi-Nya dengan manusia. Allah berinisiatif dengan membuatkan pakaian untuk manusia sebagai langkah awal proses pemulihan relasi diri-Nya dengan manusia, walaupun menimbulkan korban dan kekerasan yang dialami oleh hewan.
References
Benyamin, Nefry Christoffel. “Spiritualitas dalam Doa Bapa Kami.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja, Vol. 2 (Oktober, 2018): 32-42. https://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/30/18.
Davis, John J. Eksposisi Kitab Kejadian: Suatu Telaah dalam Kitab Kejadian. Malang: Gandum Mas, Cet-2, 2014.
Girard, René. Violence And The Sacred, terjemahan Patrick Gregory. London: The Johns Hopkins University Press, 1977.
Kirchberger, Georg. “Problematik Kekerasan Dalam Pandangan Agama Kristiani.” Jurnal Ledalero, Vol. 17, No. 1 (Juni, 2018): 95-118. http://ejurnal.iftkledalero.ac.id/index.php/JLe/article/view/104/pdf.
Kustono, A. Hari. “Ruwatan: Tinjauan Alkitabiah.” Jurnal Studia Philosophica et Theologica, Vol. 6 No. 1, (Maret, 2006): 71-85. http://ejournal.stftws.ac.id/index.php/spet/article/view/113/105.
Listijabudi, Daniel K. Tragedi Kekerasan: Menelusuri Akar dan Dampaknya dari Balada Kain-Habel. Yogyakarta: Penerbit Taman Pustaka Kristen, 1997.
Pranoto, Minggus Minarto. “Konflik: Dilupakan atau Diingat? Suatu Perspektif Teologi Kristen dan Bagaimana Praksis Gereja dalam Soal Konflik.” Jurnal Amanat Agung, Vol. 12 (Mei, 2016): 113-144.
Riyadi, Staniselaus Eko. “Dilema Kekerasan Dalam Ayat-ayat Kitab Suci.” Melintas, Vol. 35 (April, 2019): 22-39. https://journal.unpar.ac.id/index.php/melintas/article/view/4032/2995.
Sindhunata. Kambing Hitam: Teori René Girard. Jakarta: PT Gramedia, 2006.
Singgih, Emanuel Gerrit. Dari Eden ke Babel: Sebuah Tafsir Kejadian 1-11. Yogyakarta: Kanisius, 2011.
_____________________. Korban dan Pendamaian. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.
Telnoni, J.A. Kejadian Pasal 1-11: Seri Tafsir Alkitab Kontekstual-Oikumenis. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.
Von Rad, Gerhard. Genesis. London: The Westminster Press, 1972.
Walton, John H. Dkk. The Ivp Bible Background Commentary Old Testament. USA: Inter Varsity Press, 2000.
Westermann, Claus. Genesi, diterjemahkan dalam bahasa Itali oleh Antonella Riccio. Jerman: Edizioni Piemme, 1989.