Silabel Ritmis dalam Pembelajaran Musik

  • Agung Dwi Putra Universitas Negeri Padang
  • Robby Ferdian Universitas Negeri Padang
  • Hengki Armez Hidayat Universitas Negeri Padang
Keywords: design based research; ritme; silabel ritmis; teori musik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa analisis kritis tentang formulasi ritmis dan karakteristiknya dalam pembelajaran musik. Pembahasan Ritmis dalam pembelajaran musik menjadi sangat penting untuk dipelajari karena berkaitan dengan proses pembelajaran musik pada tahap selanjutnya. Pendekatan Desain Based Research digunakan sebagai landasan awal dalam mengkaji formula ritmis dalam pembelajaran musik. Penelitian ini dilakukan pada mata kuliah Teori Musik pada Prodi Pendidikan Musik, Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa karakteristik dalam jenis-jenis silabel ritmis. Salah satu karakteristik dari ritmis yang sering dijumpai adalah ketika mahasiswa tidak memahami secara menyeluruh tentang nilai atau durasi pada not, maka mahasiswa akan mengalami kendala dalam membaca ritmis dengan tepat. Selanjutnya, mahasiswa akan mengalami kendala dalam menuliskan notasi baik pada notasi balok maupun notasi angka. Seluruh karakteristik tersebut nantinya akan bermuara pada mata kuliah Praktik Instrumen Mayor. Penelitian ini masih pada tataran analisis singkat terkait dengan kendala yang dihadapi pada pembelajaran ritmis, sehingga diharapkan pembahasan tentang ritmis dapat dilakukan pada penelitian selanjutnya.

References

Amiel, T., & Reeves, T. C. (2008). Design-based research and educational technology: Rethinking technology and the research agenda. Journal of Educational Technology & Society, 11(4), 29–40.

Cindy, C. (2020). Penerapan metode rhythm syllables kodaly pada kemampuan ritme musik siswa kelas VI SD di sekolah umum Surya Bangsa. Universitas Pelita Harapan.

Colley, B. (1987). A comparison of syllabic methods for improving rhythm literacy. Journal of Research in Music Education, 35(4), 221–235.

Das, T., Singh, L., & Singh, N. C. (2007). Rhythmic structure of Hindi and English: new insights from a computational analysis. Progress in Brain Research, 168, 207–272.

Fbs, A., Negeri, U., Jl, P., Air, H., & Padang, T. (2015). Kembalikan Lagu Anak-anak Indonesia: Sebuah Analisis Struktur Musik. Panggung.

Ferdian, R., Sinaga, F. S. S., & Putra, A. D. (2021). Formulasi Musik Deret dalam Penciptaan Komposisi Programa Berjudul Kupu-Kupu Terakhir. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 4(1), 67–81.

Ferris, J., & Worster, L. (2013). Music: The art of listening. McGraw-Hill Higher Education.

Forney, K., & Machlis, J. (2011). The Enjoyment of Music. An Introduction to Perceptive Listening. Shorter. Nueva York: W&W Norton.

Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2), 9.

Heldisari, H. P. (2020). Efektivitas Metode Eurhythmic Dalcroze Terhadap Kemampuan Membaca Ritmis Notasi Musik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 468–478.

Hughes Jr, R. F. (2020). Relationships between the rhythm sight-reading strategies and sensory learning styles of Florida all-state musicians: a verbal protocol analysis. Boston University.

Jones, S., & Featherly, K. (2012). Digital Music. In Encyclopedia of New Media. https://doi.org/10.4135/9781412950657.n73

Makhin, S. A., Makaricheva, A. A., Lutsuk, N. V, & Pavlenko, V. B. (2015). Study of the reactivity of the μ rhythm during observation, auditory perception, and movement imitation: Correlation with empathic ability. Human Physiology, 41(6), 593–598.

Phillips-Silver, J., & Trainor, L. J. (2007). Hearing what the body feels: Auditory encoding of rhythmic movement. Cognition, 105(3), 533–546.

Putra, A. D., Putra, I. E. D., & Ferdian, R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Teori Musik Pada Prodi Pendidikan Musik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(1), 30–40.

Putra, I. D., Nofindra, R., & Putra, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Seni Musik Melalui Pembelajaran Berbasis Literasi Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2 (2 SE-Articles). Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(2), 70–76.

Roig, C., Tardón, L. J., Barbancho, I., & Barbancho, A. M. (2014). Automatic melody composition based on a probabilistic model of music style and harmonic rules. Knowledge-Based Systems, 71, 419–434. https://doi.org/10.1016/j.knosys.2014.08.018

Setiawan, E. (2017). Filosofi Pendidikan Musik: Kritik dan Renungan. Art Music Today Pubisher.

Sinaga, F. S. S., Maestro, E., Marzam, M., & Yensharti, Y. (2019). Software Sibelius Sebagai Alternatif Penulisan Notasi Musik Di Era Millenial. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(1), 1–6. http://musikolastika.ppj.unp.ac.id/index.php/musikolastika/article/view/11

Yensharti, Y. (2019). Pengaruh Bias Pemahaman Substansi Dasar Teori Musik Terhadap Kemampuan Praktek Instrumen Gesek Di Sendratasik UNP. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 1(1), 22–29.

Published
2021-11-28
How to Cite
Putra, A., Ferdian, R., & Hidayat, H. (2021). Silabel Ritmis dalam Pembelajaran Musik. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 4(2), 161-170. Retrieved from https://journal.stt-abdiel.ac.id/tonika/article/view/299

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.