Pembelajaran Musik Virtual di Era Pandemi COVID 19: Bentuk Tindakan Sosial Rasionalitas Formal dan Nilai

  • MS Viktor Purhanudin Institut Agama Islam Negeri Salatiga
  • Rasimin Rasimin Institut Agama Islam Negeri Salatiga
  • Dody Candra Harwanto Sekolah Tinggi Teologi Abdiel
Keywords: pembelajaran musik; rasionalitas; tindakan sosial

Abstract

Pembelajaran musik yang diselenggarakan pada lembaga pendidikan formal maupun non formal, idealnya dilaksanakan secara langsung di ruang-ruang kelas. Pembelajaran musik yang dilaksanakan seperti itu setidaknya memiliki tiga implikasi positif yaitu: 1) Guru akan lebih maksimal dalam mengajarkan materi pada peserta didik; 2) Suasana kegiatan belajar akan lebih komunikatif sehingga membuat siswa tidak jenuh dalam belajar; 3) Memberi kemudahan siswa dalam menangkap materi pelajaran yang diajarkan oleh guru. Semenjak pandemi COVID 19 melanda dunia, pembelajaran musik tatap muka kemudian sirna beralih pada model pembelajaran musik virtual. Tulisan ini merupakan artikel konseptual yang mencoba mengungkap latar belakang dan rasionalitas tindakan sosial dibalik fenomena perubahan pembelajaran musik tatap muka menjadi virtual di era pandemi COVID 19. Dalam artikel ini, kejadian tersebut akan diungkap melalui kajian sosiologi khususnya teori tindakan sosial Max Weber.  Ditinjau dari teori tindakan sosial Max Weber, pertama, fenomena transformasi pembelajaran musik tatap muka menjadi tatap layar di masa pandemi COVID 19 dilatar belakangi oleh proses verstehen struktur terhadap sistem sosial, yakni pagebluk corona dan pemberlakuan aturan bekerja dari rumah serta penyelenggaraan pembelajaran dalam jaringan yang didengungkan pemerintah. Kedua, peristiwa peralihan model pembelajaran langsung menjadi virtual di zaman pandemi COVID 19 dapat dikategorikan sebagai tindakan sosial yang berbasis pada rasionalitas formal dan nilai.

References

Ambarita, J., Jarwati, S. P. K., & Restanti, D. K. (2021). Pembelajaran Luring. Penerbit Adab.

Andayani, T., Febryani, A., & Andriansyah, D. (2020). Pengantar Sosiologi. Yayasan Kita Menulis.

Andriani, D. N., & Daroin, A. D. (2022). Analisis Faktor Keberhasilan Pembelajaran Menggunakan Learning Management System (LMS). Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 1–10.

Arif, A. M. (2020). Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 1–14.

Del Rio, C., Omer, S. B., & Malani, P. N. (2022). Winter of Omicron—the evolving COVID-19 pandemic. JAMA, 327(4), 319–320.

Durkheim, É., Noël, F. P., & Datta, R. P. (2020). An Unpublished Manuscript by Durkheim:‘On the General Physics of Law and Morality, 4th Year of the Course, 1st Lecture, December 2, 1899, Course Outline: On Penal Sanctions.’ Durkheimian Studies, 24(1), 45–56.

Fajarni, S. (2020). Integrasi Tipologi Paradigma Sosiologi George Ritzer dan Margaret M. Poloma. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 1(2), 132–147.

Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.

Haris, A. (2021). Teori Sosiologi Modern. Penerbit LeutikaPrio.

Herawaty, N., Sunyata, L., Nuzulian, U., Lutfie, R. Z., & Sihaloho, N. T. P. (2022). Pencegahan Penyebaran Covid-19 Melalui Peningkatan Disiplin Protokol Kesehatan di Desa Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 103–107.

Iqbal, F. M., & Hadi, H. (2020). Penggunaan Kurikulum 2013 Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Di Smp Negeri 10 Kerinci Provinsi Jambi. Jurnal Sendratasik, 9(1).

Juliana, E., & Sholeh, M. (2021). Penerapan Unsur Pendekatan MIKiR Dalam Sistem Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Universitas Jambi.

Kristiani, K. (2021). Implementasi Silabus dalam Pembelajaran Vokal POP di Sanggar Musik Melody Yogyakarta. ISI Yogyakarta.

Pizarro-Ortega, C. I., Dioses-Salinas, D. C., Severini, M. D. F., López, A. D. F., Rimondino, G. N., Benson, N. U., Dobaradaran, S., & De-la-Torre, G. E. (2022). Degradation of plastics associated with the COVID-19 pandemic. Marine Pollution Bulletin, 113474.

Praseptyorini, V. A. E. (2022). Perlindungan Hukum Profesi Tenaga Kesehatan Yang Bekerja Dalam Pandemi Covid-19 Berdasarkan Undang-Undang Pasal 57 Huruf A Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 27(21).

Putra, A. (2020). Konsep Agama dalam Perspektif Max Weber. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 1(1), 39–51.

Rahmasari, E. A. (2022). Pengelolaan Media Komunikasi Sekolah dalam Menjalin Hubungan dengan Stakeholders pada RA Al Hikmah. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129–136.

Purhanudin & Rasimin, R. (2022). Sosiologi Seni Kacamata Lain Memahami Praktik Sosial Kesenian. CV. Pena Persada.

Raza, S. (2022). Max Weber and Charles Taylor: On normative aspects of a theory of human action. Journal of Classical Sociology, 1468795X221080770.

Rumapea, M. E. M. (2019). Tantangan pembelajaran musik pada era digital. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 3(2), 101–110.

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 271–285.

Sandi, Y. D. L. (2022). Penguatan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19 Dengan Mencuci Tangan Dengan Sabun Dan Memakai Masker Di Desa Klampisan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. Abdimasnu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Setiaji, D. (2020). Paradigma Pembelajaran Musik. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 692–697.

Simanjuntak, J. M. (2022). Filsafat Ilmu dan Penalaran Teologis. Penerbit Andi.

Sunarto, S. (2018). Pengembangan kreativitas-inovatif dalam pendidikan seni melalui pembelajaran mukidi. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Sutikno, P. Y. (2020). Era Digital? “Pendidikan Seni Musik Berbasis Budaya” Sebagai Sebuah Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 11(1), 39–49.

Syafril, M. P., & Zen, Z. (2019). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Prenada Media.

Umm-E-Rubab, R. K., & Bibi, R. (2020). Max Webber’s Legitimacy and Iranian Political System after Islamic Revolution 1979.

Weber, M., & Weber-Schäfer, M. (1984). Max Weber: Ein Lebensbild. Mohr Siebeck.

Published
2022-05-28
How to Cite
Purhanudin, M., Rasimin, R., & Harwanto, D. (2022). Pembelajaran Musik Virtual di Era Pandemi COVID 19: Bentuk Tindakan Sosial Rasionalitas Formal dan Nilai. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.37368/tonika.v5i1.373

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.