Kreativitas Aransemen Musik Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Pondok Daud, Kabupaten Bondowoso

  • Ritchie Manuel Pratama Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
  • Irfanda Rizki Harmono Sejati Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
Keywords: aransemen; gereja pantekosta; kreativitas; musik gereja

Abstract

Tim Musik GPPS Pondok Daud Bondowoso adalah pelayan ibadah pada bidang musik yang terdapat di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Pondok Daud, Kabupaten Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kreativitas musik dan aransemen musik pada lagu yang dinyanyikan oleh tim musik GPPS Pondok Daud Bondowoso. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah kreativitas musik yang berupa aransemen lagu rohani yang dinyanyikan tim musik GPPS Pondok Daud Bondowoso meliputi penggubahan pada bagian intro, interlude, akor, dan coda. Aransemen pada intro berupa penggubahan dari bagian reff lagu yang dimainkan oleh instrumen melodis, kemudian aransemen pada interlude berupa penggubahan akor terdiri dari 8 birama yang dimainkan oleh instrumen melodis, kemudian aransemen pada akor terdapat pada setelah bagian interlude, kemudian aransemen pada coda berupa penggubahan akor yang terdiri dari 4 birama. Kreativitas yang berupa aransemen lagu dapat mengatasi perbedaan jenis musik yang dinyanyikan untuk berbagai kalangan umur pada gereja berdenominasi Pantekosta, khususnya di GPPS Pondok Daud Bondowoso.

References

Anderson, C. (2017). Dieter Schnebel: Spiritual Music Today. Religions, 8(185), 1–14. https://doi.org/10.3390/rel8090185

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Johnson, B. J. (2011). Back to the Heart of Worship: Praise and Worship Music in a Los Angeles African-American Megachurch. Black Music Research Journal, 31(1), 105–129.

Johnson, D., & Johnson, F. (2014). Joining Together: Group Theory and Group Skills, 11th Edition. London: Pearson.

Kossam Dhliwayo. (2013). People’s Perception of Promotional Strategies for Church Growth in Zimbabwe: A Case of Pentecostal Churches in Masvingo. The International Journal Of Business & Management, 1(6), 74–81.

Kristanto, B. (2020). Calvin dan Potensi Pemikirannya bagi Ibadah Kristen. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 19(2), 119–133.

M., S. K. (2001). Taksonomi Seni. Bandung: STSI Press.

Mertens, D. M. (2009). Research and Evaluation in Education and Psychology_ Integrating Diversity With Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods 3rd Edition. London: SAGE Publications, Inc.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pamungkas, B. C., & Kathlya, R. J. (2020). Kreativitas dan Pembelajaran CS Marchingblek Universitas Kristen Satya Wacana. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 3(1), 51–61.

Sanjaya, R. M. S. (2013). Metode Lima Langkah Aransemen Musik. Promusika, 1(1), 33–49. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/promusika.v0i0.538

Setiawan, I. (2021). Aransemen Lagu Soleram Oleh Josu Elberdin (Tinjauan Aransemen Paduan Suara). Repertoar, 1(2), 302–319.

Wicaksono, H. Y. (2009). Kreativitas Dalam Pembelajaran Musik. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 1–12.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2022-05-28
How to Cite
Pratama, R., & Harmono Sejati, I. (2022). Kreativitas Aransemen Musik Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Pondok Daud, Kabupaten Bondowoso. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 5(1), 30-41. https://doi.org/10.37368/tonika.v5i1.376

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.