Kegiatan Bernyanyi sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Alkitab Cianjur

  • Clemy Ikasari Ichwan Universitas Negeri Jakarta
  • Dani Nur Saputra Universitas Negeri Jakarta
Keywords: bernyanyi; pembelajaran; Sekolah Alkitab

Abstract

Sekolah Alkitab Cianjur merupakan salah satu tempat pendidikan non formal untuk agama Kristen. Peserta didik di sekolah ini terdiri dari siswa dan siswi yang sudah melalui pendidikan formal setara dengan pendidikan menengah atas. Sekolah Alkitab ini memiliki murid yang berasal dari berbagai pulau di Indonesia dan memiliki usia yang beragam dari 18 tahun sampai 65 tahun. Sebagian besar siswa berasal dari daerah luar Jawa dan kesulitan berbahasa Indonesia. Mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa daerah masing-masing. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat efektivitas kegiatan bernyanyi sebagai media dalam mengasah keterampilan bahasa Indonesia. Keterampilan bahasa Indonesia dalam pembelajaran meliputi diksi, intonasi, dan artikulasi siswa siswa di Sekolah Alkitab. Kemampuan bahasa sangat penting bagi para siswa untuk membekali mereka ketika menyampaikan Firman Tuhan. Penelitian ini diadakan di Sekolah Alkitab Cianjur, jalan Pasir Gede  Raya No. 17, Cianjur, Jawa Barat. Penelitian dilakukan terhadap Siswa-siswi kelas 1 Sekolah Alkitab Cianjur angkatan 2018. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bernyanyi terbukti efektif untuk mengasah keterampilan bahasa dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa indonesia. Selain itu, bernyanyi dapat melatih intonasi, artikulasi, pernafasan, dan frasering yang berguna untuk meningkatkan keterampilan berbahasa para siswa.

References

Amalia, E. R., & Hasana, H. (2018). Mengasah Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(1), 1-11.

Andiyanto, T. (2018). Konsep pendidikan pranatal, postnatal, dan pendidikan sepanjang hayat. Elementary: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 4(2), 195-204.

Desti, E., Anggoro, B. S., & Suherman, S. (2018, July). Pengaruh Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 2, pp. 527-532).

Dungga, J.A. & W.H. Alting van Geuseu (Penerjemah), (1978), Menyanyi Dengan Baik. Pustaka Eicondenza, Jakarta.

Jaya, M. P. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Kelas I Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 57-66.

Jones, B. D. (2009). Motivating students to engage in learning: the MUSIC model of academic motivation. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 21(2), 272-285.

Joyce, Bruce and Weil, Marsha, (1986). Models of Teaching. New Jersey: Prentice – Hall, Inc.

Juwita, T., Rifai, A., & Handayani, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bernyanyi. Jurnal Anak Bangsa (JAS), 1(2), 230-244.

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran yang tepat pada sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01).

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 402-408.

Ma’rifati, R. K. D. N., & Amin, F. (2022). Konsep Belajar Perspektif Imam Al-Ghazali Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Modern. Tadris: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam, 16(1), 32-38.

Nurcholis, A., & Hidayatullah, S. I. (2019). Tantangan Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Pascasarjana IAIN Tulungagung. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 283-298.

Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rahayu, Y. T. (2018). Penerapan Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas VI SDN 6 Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016-2017. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 79-89.

Ramsey, J.H. (1983). The Effects of Age, Singing Ability, and Instrumental Experiences on Preschool Children's Melodic Perception. Journal of Research in Music Education, Vol. 31, No. 2 (Summer, 1983), pp. 133-145, Sage Publications Inc.

Rien. Safrina (1999). Seni Musik. CV. Maulana, Bandung.

Rusman, (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Salmi, S. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas xii ips. 2 sma negeri 13 palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1-16.

Sanjaya, Wina (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Saputra, D. N. (2020). Penerapan Flipped Classroom Pada Pembelajaran Teori Musik Di Prodi Pendidikan Musik. PEDAGOGIA, 18(3).

Sartika, D. Y., Elly, R., & Harun, M. Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bernyanyi di PAUD Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).

Sudiapermana, E. (2009). Pendidikan informal. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).

Soukotta, C. A., Huliselan, A., & Soplera, M. L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Kristen Selilau Kabupaten Kepulauan Aru. Kamboti Journal of Education Research and Development (KJERD), 2(1), 20-30.

Tampubolon, D. (2020). Pembelajaran Teknik Vokal Falsetto Dengan Metode Drill Dalam Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Pada Ekstrakurikuler Vokal Di SMA Negeri 5 Pinggir Duri (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Wardhani, D. A., & Pujiono, A. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Terhadap Kompetensi Mengajar Guru Sekolah Minggu. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 2(1), 10-21.

Yeni, I., Putra, I. E. D., & Anggraini, V. (2020). Pengembangan Media Animasi Lagu Minangkabau Terhadap Perkembangan Bahasa Ibu Anak Usia Dini: Bahan Ajar.

Published
2022-11-27
How to Cite
Ichwan, C., & Saputra, D. (2022). Kegiatan Bernyanyi sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Alkitab Cianjur. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 5(2), 132-146. https://doi.org/10.37368/tonika.v5i2.476

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.