Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Shalawat Jawa

  • Fajry Sub'haan Syah Sinaga Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Shobrun Jamil Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Suwito NS Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
Keywords: akhlak, nilai-nilai, pendidikan karakter, shalawat jawa, tradisi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi Shalawat Jawa sebagai upaya mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai dalam kajian akhlak dan karakter. Artikel ini menggunakan metode deskriptif-analitis dengan mengumpulkan data dari literatur berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter, syair dan Shalawat Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shalawat Jawa mengandung nilai-nilai pendidikan karakter seperti religius, jujur, pekerja keras, disiplin. Penekanan pada nilai-nilai tersebut dalam Shalawat Jawa dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang berharga dalam membentuk karakter individu yang baik. Karakter religius terdapat pada kata sregep zikir, karakter jujur terdapat pada kata ngabdine, karakter pekerja keras dan disiplin melalui kata mituhu. Implikasi dari Shalawat Jawa sangat bervariasi dengan membuat gubahan lirik yang sesuai dengan langgam Shalawat Jibril yaitu Shalatullah, Salamullah, Ala Toha Rasulillah, Shalatullah Salamullah ‘ala Yasin. Penelitian ini diharapkan dapat membuka wacana dan menjadi perhatian dalam mengaransir nada maupun syair yang mengandung nilai-nilai karakter. Pembahasan dalam penelitian ini masih dapat dikembangkan lebih lanjut dan tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan penambahan dalam kajian yang relevan.

References

Agustini, D. (2020). Peranan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Persuasif Untuk Mempengaruhi Perilaku Positif Anak Usia Dini Di Kota Surakarta. In Lisyabab : Jurnal Studi Islam dan Sosial (Vol. 1, Issue 1, pp. 25–46). Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v1i1.13

Ahmadi. (2015). Keberadaan Kesenian Shalawat Jawa Ngelik di Dusun Plosokuning, Desa Minomartani, Kecamatan Ngakglik, Kabupaten Sleman. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga.

Aliman, M. (2016). Muslimah Bahagia Dunia Akherat. Transmedia Pustaka.

Alirahman, A. D. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam pada Pendidikan Dasar. In Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 2, Issue 1, p. 1). Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. https://doi.org/10.47453/permata.v2i1.320

Alvi, R. R., Zalfa, G., Ayub, D., Maria, I., Perdani, U., & Anggoro, A. (2022). Meningkatkan Jujur Anak melalui Permainan Rakyat Congklak. In Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 6, Issue 5, pp. 5414–5424). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2973

Aziz, I. U. A., & Pasaribu, M. (2021). Characteristics Of Children In Islamic Education In The Family In The Pandemic Time. In … Studies. download.garuda.kemdikbud.go.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2448067&val=23378&title=Characteristics Of Children In Islamic Education In The Family In The Pandemic Time

Bunganegara, M. H. (2018). Pemaknaan Shalawat: Pandangan Majelis Dzikir Haqqul Yaqin. Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis, 9(2).

Dalimunth, S. S. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Bangunan Ilmu Islamic Studies. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=tWxRDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=islamic+studies&ots=6km35roXWh&sig=IBYlAsqToPGE8LKyAgCylfEt3S4

Dani, H. A. (2009). Mukjizat Shalawat. Qultum Media.

Donny, K. (2004). Pendidikan Karakter. Grasindo.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Ichsan, I., & Ali, A. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Musik Berbasis Observasi Auditif. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(2), 85–93.

Mawardi, K. (2009). Shalawatan: Pembelajaran Akhlak Kalangan Tradisionalis. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3), 500–511.

Mawardi, K. (2017). Lokalitas Seni Islam Dalam Akomodasi Pesantren. Purwokerto: STAIN Press.

Mujahid, I. (2021). Islamic orthodoxy-based character education: creating moderate Muslim in a modern pesantren in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 185–212. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.185-212

Mustofa, A., & Khoirunni’mah, I. (2020). Kegiatan Jam’iyah Shalawat Solusi Pembentukan Akhlakul Karimah Remaja Di Jatirejo Diwek Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 97–120.

Nashir, H. (2013). Pendidikan karakter berbasis agama dan budaya. Yogyakarta: Multi Presindo.

Rokhim, N. (2020). Tradisi Shalawat Ngelik di Kampung Santri Mlangi, Sleman, DIY. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 20(1), 15–28.

Simatupang, L. (2013). Pergelaran: Sebuah mozaik penelitian seni-budaya. Jalasutra.

Sinaga, Fajry Sub’haan Syah, & Sinaga, S. S. (2021). Musical Facts and Sustainability of Trunthung Music in Eco-cultural Studies. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 21(2), 278–289.

Sinaga, Fajry Subhaan Syah, Winangsit, E., & Putra, A. D. (2021). Pendidikan, Seni, dan Budaya: Entitas Lokal dalam Peradaban Manusia Masa Kini. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 4(2), 104–110.

Sodikin, A. (2019). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderat Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. In Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 6, Issue 2, pp. 76–86). STKIP Nurul Huda. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.641

Suparlan, H. (2014). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56–74.

Sutiyono. (2011). Fenomenologi Seni. Insan Persada.

Tohet, M., & Mauliza, S. (2021). Penanggulangan Kecanduan Game Online Melalui Pendidikan Karakter Regilius Pada Anak. In Belajea: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 6, Issue 2, p. 147). STAIN Curup. https://doi.org/10.29240/belajea.v6i2.3434

Wargadinata, W. (2021). Spiritualitas salawat: kajian sosio-sastra Nabi Muhammad SAW.

Wati, I. P., Sukoyo, J., & Widodo, W. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berdasarkan Lagu–Lagu Berbahasa Jawa sebagai Media Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini di Kabupaten Pemalang. In Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa (Vol. 8, Issue 1, pp. 46–53). Universitas Negeri Semarang. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i1.15959

Zubaedi, D. P. K. (2011). Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Published
2023-05-27
How to Cite
Sinaga, F., Jamil, S., & NS, S. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Shalawat Jawa. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 6(1), 40-50. https://doi.org/10.37368/tonika.v6i1.487

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.