Kreativitas Musikal Guru dalam Pembuatan Aransemen sebagai Materi Pembelajaran Biola Kursus Musik Shinning Star School Tegal

  • Lutfiani Maulina Maulina Program Studi Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Semarang
  • Irfanda Rizki Harmono Sejati Program Studi Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Semarang
Keywords: kreativitas guru, pembelajaran biola, Shinning Star School

Abstract

Shinning Star School adalah lembaga pendidikan non formal yang bergerak di bidang kursus musik yang terdapat di Kota Madya Tegal dan berdiri pada tahun 2011. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kreativitas guru dalam mengajar biola dan proses pembelajaran biola di Shinning Star School Tegal. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah kreativitas guru dalam membuat aransemen lagu genre pop luar negeri sebagai variasi materi dalam pembelajaran biola untuk siswa biola tingkat menengah (intermediate stage) dan tingkat lanjut (advanced stage). Aransemen lagu genre pop luar negeri dibuat oleh guru melalui 5 tahapan, diantaranya 1) Mencari beberapa referensi lagu genre pop luar negeri melalui google, internet maupun Youtobe, 2) Memilih beberapa lagu genre pop luar negeri, 3) Membuat aransemen beberapa lagu genre pop luar negeri yang telah dipilih, 4) Menulis hasil aransemen beberapa lagu genre pop luar negeri secara manual, 5) Memasukkan teknik-teknik gesekan, dinamika dan tempo yang berbeda pada setiap lagu yang telah dipilih. Proses pembelajaran biola dilakukan dengan metode Suzuki Violin School Vol.2 dan Suzuki Violin School Vol.3 lalu dilanjutkan dengan memainkan lagu genre pop luar negeri yang sudah diaransemen serta ditulis oleh guru.

References

Ahmadi, A. (1992). Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Aditya Media.

Basri, & H. (2014). Using qualitative research in accounting and management studies: not a new agenda. Journal of US-China Public Administration, 11 No.10. https://doi.org/10.17265/1548-6591/2014.10.003

Bogdan, Robert C; Biklen, K. S. (1982). Qualitative Research For Education An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon; Boston London;

Dr. Oemar Hamalik. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran (Ed.1, cet.). Bumi Aksara.

Febriyanti, D. (2014). Meningkatkan Kreativitas Musikal Anak Melalui Permainan Musik Dari Barang Bekas [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/14322/

Harjono, R., & Rachman, A. (2018). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Keroncong Di Smp Negeri 1 Karangmoncol. Jurnal Seni Musik, 7 No.1. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jsm.v7i1.24350

Hidayatullah, R. (2020). Kreativitas Sebagai Landasan Dan Operasionalisasi Dalam Pendidikan Musik. Tonika : Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 3 No.2, 88–102. https://journal.stt-abdiel.ac.id/tonika/article/view/169

Huberman, A. Michael, and Miles, M. B. (1994). Data Management And Analisys Metodhs”, dalam Handbook Of Qualitative Research. Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln (Ed). Thousand Oaks: Sage.

Hutapea, R. H. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19. Journal of Christian Education, 1(1), 1–12.

Indrawan, A. (2018). Musikologi Indonesia. BP ISI Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/5295/

Mohamed, Z. M., Abdul Majid, A. H., & Ahmad, N. (2010). Tapping new possibility in accounting research, in qualitative research in accounting, Malaysian case. Universiti Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur, Malaysia.

Muhajir. (2020). Kreativitas Guru Dalam Membentuk Pembelajaran Aktif. Al-Qiraah, Volume 14. https://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/al-qiraah/article/view/125

Murdiana, Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05 No. 02. https://doi.org/https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11450

Nadia, D. (2019). Kreativitas Guru Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I Di Sd Negeri 92 Desa Bandu Agung Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur [Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3747/

Purwanto, B. (2011). Pentingnya Kreativitas Guru dan Calon Guru dalam Upaya Pengembangan dan Pengadaan Alat Demonstrasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 229–238.

Rifda Arum. (2021). Desain Penelitian: Pengertian, Fungsi, Klasifikasi, dan Bentuknya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/desain-penelitian/

Published
2023-05-25
How to Cite
Maulina, L., & Sejati, I. (2023). Kreativitas Musikal Guru dalam Pembuatan Aransemen sebagai Materi Pembelajaran Biola Kursus Musik Shinning Star School Tegal. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 6(1), 51-70. https://doi.org/10.37368/tonika.v6i1.490

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.