Pengelolaan Pembelajaran Musik di Sekolah Luar Biasa Yapenas Yogyakarta Kajian Kecerdasan Majemuk

  • Irfanda Rizki Harmono Sejati Universitas Negeri Semarang
Keywords: pembelajaran musik, pengelolaan pembelajaran, sekolah luar biasa

Abstract

Sekolah Luar Biasa Yapenas Yogyakarta merupakan yayasan yang memberikan fasilitas kegiatan pembelajaran anak berkebutuhan khusus yaitu anak autis, tuna daksa, tuna rungu dan tuna grahita. SLB Yapenas memberikan pembelajaran musik untuk meningkatkan kecerdasan dan keterampilan siswa baik kognitif, afektif dan psikomotor. Tujuan penelitian sebagai kajian pengelolaan pembelajaran musik di SLB Yapenas Yogyakarta sangat penting mengingat karakteristik pembelajaran yang berbeda dengan sekolah umum. Teori yang digunakan dalam kajian ini menggunakan teori kecerdasan majemuk. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan diuraikan secara deskriptif analisis. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah, bagian kurikulum, guru kelas, guru musik dan siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan pembelajaran musik yang sangat terstruktur, mulai dari mempersiapkan RPP dan silabus, media yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, proses pembelajaran sampai dengan evaluasi siswa yang dikaji menggunakan kajian kecerdasan majemuk (multiple Intelligences). Kesimpulan dari penelitian diketahui bahwa pengelolaan pembelajaran musik di SLB Yapenas Yogyakarta sangat efektif sesuai dengan kompetensi dasar dan disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran yang ada di sekolah luar biasa. Hasil dari evaluasi pembelajaran musik menunjukan kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa SLB Yapenas Yogyakarta.

References

Alhakiki, A., & Desyandri, D. (2019). Peran Seni Musik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(3), 210–214. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.49

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., & Wiharti, U. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana …. Retrieved from http://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/581

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edit). London: Sage Publications Inc.

Dangnga, H. M. S., & Muis, A. A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif (Amaluddin, ed.). Makasar: SIBUKU Makasar.

Hajaroh, M. (2019). Pohon Teori Evaluasi Kebijakan Dan Program (Metode, Nilai dan Menilai, Penggunaan). FOUNDASIA, 9(1). https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26149

Jonauskaite, D. (2019). What color do you feel? Color choices are driven by mood. Color Research and Application, 44(2), 272–284. https://doi.org/10.1002/col.22327

Kusumawati, N. A. (2019). Implementasi Teori Multiple Intelegences (Kecerdasan Majemuk) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 2(2), 31–40. https://doi.org/10.33363/swjsa.v2i2.352

Maharani, R., Marsigit, M., & Wijaya, A. (2020). Collaborative learning with scientific approach and multiple intelligence: Its impact toward math learning achievement. The Journal of Educational Research, 113(4), 303–316. https://doi.org/10.1080/00220671.2020.1806196

Masyhadi. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ushul Fiqh melalui Perencanaan Sistem Pembelajaran di Madasah Ibtidaiyah (MI). Scholastica Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2).

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Penerapan pendekatan saintifik dalam aktivitas belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Penjakora. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/25633

Pellas, N. (2019). Augmenting the learning experience in primary and secondary school education: a systematic review of recent trends in augmented reality game-based learning. Virtual Reality, 23(4), 329–346. https://doi.org/10.1007/s10055-018-0347-2

Peterlin, J. (2021). Cultivating Management Education Based on the Awareness of Students’ Multiple Intelligences. SAGE Open, 11(1). https://doi.org/10.1177/2158244020988277

Priyambodo, P. (2020). Inovasi pembelajaran berbasis teori kecerdasan majemuk untuk pengembangan peran sekolah di era 4.0. HUMANIKA, 19(2), 139–156. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29269

Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan (T. Wahyono, ed.). Yogyakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Radhiatul, F., Toruan, J. L., & Maestro, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Melalui Solfegio Dalam Pembelajaran Vokal Di MAN Lubukalung. Jurnal Sendratasik Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jsu.v1i1.248

Rahardja, D. (2010). Pendidikan Luar Biasa Dalam Perspektif Dewasa Ini. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jassi.v10i1.3911

Saputri, D. R. (2013). Proses Pembelajaran Seni Musik Bagi Siswa Tuna Netra. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 13(1), 37–44. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/harmonia.v13i1.2531

Shearer, B. (2018). Multiple intelligences in teaching and education: Lessons learned from neuroscience. Journal of Intelligence, 6(3), 1–8. https://doi.org/10.3390/jintelligence6030038

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, N. P. (2020). Terapi Musik Klasik Memiliki Pengaruh Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Retardasi Mental Di Sekolah Luar Biasa (Slb) Negeri Pembina Mataram. Midwifery Journal: Jurnal Kebidanan UM. Mataram, 5(2), 123. https://doi.org/10.31764/mj.v5i2.1183

Suwandi, S. (2020). Efektifitas Penerapan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik Dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada SMKN 1 Bogor. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 6(2), 185. https://doi.org/10.32493/skr.v6i2.5538

Triani, N., A.S., U. S., & Nurihsan, J. (2020). Development Of Class Teacher’s Pedagogic Competency In The Implementation Of Learning Guidelines In Extraordinary Elementary School (EES). Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–4. https://doi.org/10.1145/3452144.3452230

Wiratma, I. G. L. (2013). Potret Pengelolaan Pembelajaran Kimia Pada SMAN Unggulan di Provinsi Bali. Prosiding Seminar Nasional Mipa Undiksha.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (4th ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Zaky, M. R., & Murtadlo. (2019). Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Musik Angklung Peserta Didik Tuna Netra di SMPLB-A YPAB Gebang Putih SUrabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(1), 1–12. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/26335/24115

Published
2023-05-27
How to Cite
Sejati, I. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Musik di Sekolah Luar Biasa Yapenas Yogyakarta Kajian Kecerdasan Majemuk. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 6(1), 12-27. https://doi.org/10.37368/tonika.v6i1.507

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.