Kajian Musikologis Ya Tuhan, Tuhan Kami dalam Buku Nyanyikanlah Nyanyian Baru Bagi Tuhan
Abstract
Artikel ini bertujuan menganalisis secara struktural lagu Ya Tuhan, Tuhan Kami dengan menggunakan pendekatan musikologis. Penelitian ini merupakan penelitian tekstual dengan sumber data utama adalah partitur dari NNBT No. 17 Ya Tuhan Tuhan Kami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu Ya Tuhan, Tuhan Kami yang bertangga nada Es mayor dan bertanda sukat 4/4 merupakan lagu berbentuk dua bagian (binary form). Lagu Ya Tuhan, Tuhan Kami diadaptasi dari Mazmur pasal 8 yang menggambarkan tentang kemuliaan Tuhan. Lagu ini dinyanyikan dalam volume suara yang keras atau melengking, menggambarkan upaya manusia mendekatkan diri dengan sang Maha Kuasa serta menyatakan keagungan Tuhan. Lirik lagunya menggunakan bentuk sastra dialog dan litani. Lagu ini disajikan dengan mengadaptasi cara bernyanyi dalam maengket, budaya pertunjukan dari etnis Minahasa. Unsur maengket dari lagu ini dapat dilihat pada bagian A solo, yaitu suara sopran yang mencerminkan peran kapel, pemimpin perempuan. Pada bagian B, munculnya trio pada frase kelima.
References
Ahimsa-Putra, Heddy Shri. (2000). "Wacana Seni dalam Antropologi Budaya: Tekstual, Kontekstual dan Post-Modernistis" dalam Ketika Orang Jawa Nyeni oleh Heddy Shri Ahimsa-Putra. Penerbit Sunan Ambu Press.
Barth, M. C., & Pareira, B. . (2008). Tafsiran Alkitab: Kitab Mazmur 1-72: pembimbing dan tafsirannya (7th ed.). BPK Gunung Mulia.
Eskew, H., & McElrath, H. T. (1981). Sing with Understanding: An Introduction to Christian Hymnology. In Notes (Vol. 37, Issue 3). Church Street Press. https://doi.org/10.2307/940330
Handoko, A. B. (2022). Estetika Musik Gereja dalam Perspektif Estetika Musik dan Teologi Kristen. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 5(2), 72–83. https://doi.org/10.37368/tonika.v5i2.427
Hendra, P. (2020). Musik dalam Dinamika Pujian Penyembahan. Jurnal Teologi Kependetaan, 10(2), 176–199. https://e-journal.stapin.ac.id/index.php/pneumatikos
Kristanto, A., & Kristianto, D. D. (2018). Bentuk Komposisi Musik Gamelan Dan Refleksi Teologis Atas “Ku Suka Mengabarkan.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen, Dan Musik Gereja, 2(1), 74–84. https://doi.org/10.37368/ja.v2i1.62
Langi, F. M., Lahamendu, N., & Kawung, J. F. (2022). Analisis Bentuk dan Makna Lirik Lagu Ye Servants of God dalam Kidung Jemaat. Psalmoz: A Journal of Creative and Study of Church Music. http://ejournal-iaknmanado.ac.id/index.php/psalmoz/article/download/1015/710
Lovelace, A. C. (1982). The Anatomy Of Hymnody. G.I.A Publication.
Lumintang, J. (2015). Kontstruksi Budaya Mapalus dalam Kehidupan Masyarakat Minahasa. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 1(028), 73–80.
Matondang, E. E., Munthe, P., & Harahap, R. (2022). Kontekstualisasi Musik Tradisional Angkola ; Suatu Tinjauan Teologis-Praktis mengenai Manfaat Kontekstualisasi Musik Tradisional Angkola ke dalam Nyanyian Ibadah Jemaat GKPA Resort Khusus Padangsidimpuan serta Implementasinya terhadap Ibadah GKPA Masa Kin. 2(1), 1–14.
Pandaleke, S., & Maragani, M. (2020). Maengket Sebagai Sarana Pendidikan Seni Melalui Aktivitas Apresiatif dan Kreatif. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 2(1), 24–33. https://doi.org/10.26740/geter.v2n1.p24-33
Polla, A. (2021). Kajian Dogmatis Makna Nyanyian Dalam Tata Ibadah Minggu di Jemaat GMIM Sentrum Imanuel Kumelembuai. 68–78.
Rumengan, P. (2011). Musik Vokal Etnik Minahasa Teori, Gramatika dan Estetika. Program Pascasarjana ISI.
Sasongko, M. H. (2019). Musik Etnik Dan Pengembangan Musik Gereja. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 2(1), 32–47. https://doi.org/10.37368/tonika.v2i1.41
Stein, L. (1979). Structure and Style: The Study and Analysis of Musical Forms. Summy - Brichard Music.
Sugiyanto. (2021). Inkulturasi Musik Etnik Dalam Liturgi Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Kalimantan Tengah. 5(1), 136–150.
Villanueva, F. (2016). Psalms 1-72. Langham Global Library.
Jaeni (2015). Metode Penelitian Seni. Sunan Ambu: Bandung.
Yuliarti, U., & Nainggolan, A. M. (2021). Memahami perkembangan musik gerejawi dan signifikansinya bagi pelayan musik. Psalmoz : A Journal of Creative and Study of Church Music, 2(2), 53–64. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/psalmoz/article/view/653
Copyright (c) 2023 Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.