Pengaruh Video Online-Music Streaming terhadap Literasi Digital di Indonesia

  • Cliff Kohardinata Program Studi Akuntansi, Fakultas Manajemen dan Bisnis, Universitas Ciputra Surabaya https://orcid.org/0000-0003-2769-5503
  • Luky Patricia Widianingsih Program Studi Akuntansi, Fakultas Manajemen dan Bisnis, Universitas Ciputra Surabaya
  • Alexandre Desousa Guterres Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universidade Da Paz
Keywords: kecakapan digital, literasi digital, media sosial, video online-music streaming

Abstract

Literasi digital menjadi hal yang sangat penting di era teknologi atau era digital saat ini, tetapi literasi digital di Indonesia masih rendah yaitu berada di peringkat 51 dari 63 negara. Untuk membantu meningkatkan literasi digital di Indonesia, maka diperlukan media untuk mendukung penyebaran literasi digital di Indonesia. Pada penelitian ini, media yang diajukan untuk mendukung literasi digital adalah video online-music streaming dan media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pembuktian secara empiris mengenai pengaruh video online-music streaming dan media sosial terhadap literasi digital di Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan uji robustness dengan menggunakan alternatif variabel dependen kecakapan digital yang merupakan salah satu pilar dari literasi digital. Pengujian pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan data dari 34 provinsi di Indonesia pada tahun 2021 dan 2022. Hasil pengujian model dan uji robustness menunjukkan hasil yang selaras, yaitu: video online-music streaming berpengaruh signifikan positif terhadap literasi digital di Indonesia, namun media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi digital di Indonesia.

References

Buf, D. M., & Ştefãniþã, O. (2020). Uses and gratifications of youtube: A comparative analysis of users and content creators. Romanian Journal of Communication and Public Relations, 22(2), 75–89. https://doi.org/10.21018/rjcpr.2020.2.301

Dewi Nooorrizki, R., Abadi, D., Sri Wahyu Siwi, N., Sa’id, M., Yuni Mantara, A., & Ramadhani, F. (2022). Factors Affecting Digital Literacy in Young Adults. KnE Social Sciences, 2022(ICoPsy), 308–314. https://doi.org/10.18502/kss.v7i18.12396

Ferris, A. L., Hollenbaugh, E. E., & Sommer, P. A. (2021). Applying the Uses and Gratifications Model to Examine Consequences of Social Media Addiction. Social Media and Society, 7(2). https://doi.org/10.1177/20563051211019003

Flayelle, M., Maurage, P., Di Lorenzo, K. R., Vögele, C., Gainsbury, S. M., & Billieux, J. (2020). Binge-Watching: What Do we Know So Far? A First Systematic Review of the Evidence. Current Addiction Reports, 7(1), 44–60. https://doi.org/10.1007/s40429-020-00299-8

IFPI. (2022). IFPI Engaging with music Report 2022. https://www.ifpi.org/wp-content/uploads/2021/10/IFPI-Engaging-with-Music-report.pdf

International Institute for Management Development. (2022). IMD World Digital Competitiveness Ranking 2022. IMD World Competitiveness Center, 1–184. https://www.imd.org/centers/world-competitiveness-center/rankings/world-digital-competitiveness/

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Lidwina, A. (2021). 94% Orang Indonesia Akses YouTube dalam Satu Bulan Terakhir. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/94-orang-indonesia-akses-youtube-dalam-satu-bulan-terakhir

Pangrazio, L., Godhe, A. L., & Ledesma, A. G. L. (2020). What is digital literacy? A comparative review of publications across three language contexts. E-Learning and Digital Media, 17(6), 442–459. https://doi.org/10.1177/2042753020946291

Peng, D., & Yu, Z. (2022). A Literature Review of Digital Literacy over Two Decades. Education Research International, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/2533413

Syah, R., & Darmawan, D. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Literasi Visual Pada Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal AKRAB!, 10(1), 71–80. https://jurnalakrab.kemdikbud.go.id/jurnalakrab/article/view/276/219

Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal AKRAB, 10(2), 60–69. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i2.290

Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people use social media: a uses and gratifications approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4), 362–369. https://doi.org/10.1108/QMR-06-2013-0041

Published
2023-05-27
How to Cite
Kohardinata, C., Widianingsih, L., & Guterres, A. (2023). Pengaruh Video Online-Music Streaming terhadap Literasi Digital di Indonesia. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.37368/tonika.v6i1.527

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.