Komponen Pembelajaran Musik di Sekolah Imamat Rajani Gereja Bethany Salatiga
Abstract
Gereja Bethany Salatiga merupakan salah satu gereja Kristen yang terletak di Kota Salatiga. Gereja ini memiliki program pembelajaran yang bernama Sekolah Imamat Rajani yang dinaungi Departemen Profetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan komponen pembelajaran musik di Sekolah Imamat Rajani Gereja Bethany Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Sekolah Imamat Rajani memiliki 7 (tujuh) komponen pembelajaran yaitu sebagai berikut : 1) Peserta didik, yaitu jemaat yang mendaftar dan mengikuti seleksi Sekolah Imamat Rajani dengan latar belakang musik yang beragam. 2) Guru, yaitu peserta yang sebelumnya mengikuti Sekolah Imamat Rajani dengan kemampuan musikalitas yang lebih bagus dari peserta yang lain. 3) Tujuan Pembelajaran, yaitu untuk membekali para jemaat atau peserta Sekolah Imamat Rajani tentang keterampilan musik dalam mengiri ibadah, dan bertujuan untuk selaras dengan para pemusik Gereja Bethany Salatiga 4) Materi, yaitu berbagai genre musik yang digunakan dalam ibadah raya Bethany Nginden 5) Metode, yang digunakan dalam Sekolah Imamat Rajani adalah teknik mentoring 6) Media, menggunakan visual dan audio visual. 7) Evaluasi, yaitu dapat melaksanakan kegiatan Sekolah Imamat Rajani dan juga mengikuti ujian kelulusan sebagai pelayan musik.
References
Daryanto, H. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peseerta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset.
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriana, Riana. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Firgah, Muhammad. 2019. “Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Muhammadiah Limbung Kabupaten Gowa.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3(2):75–88.
Ibrahim, R., and Nana S. Syaodih. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Intan, Deyana Nuru, Eko Kuntarto, and Muhammad Sholeh. 2022. “Strategi Guru Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):3302–13. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2287.
Jordan Maningkas, Gilbert, and Erwin Sianturi. 2022. “Analisis Metode Pembelajaran Musik Pada Pelatihan Band Di GPdI Genesaret Manado 1.” Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik | 3(1):53–60.
Kaswan. 2012. Coaching Dan Mentoring. Bandung: Alfabeta.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Nugrahhu, Putra Andino, Ratih Sulistyowati, Ni Nyoman Astrini Utami, and Jose Ernest. 2023. “Striving for Musical Excellence: A Study on the Development of Music Players’ Skills for Church Worship Accompaniment through Ensemble Training.” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni 18(1):28–38. doi: 10.33153/dewaruci.v18i1.4456.
Panggabean, Ance Juliet. 2020. “Pelatihan Musik Dan Organ Gereja HKBP Di Humbang Habinsaran Siborong-Borong.” Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat 01(01):13–28.
Pardede, Mary Marlyine Josephine. 2020. “Strategi Pembelajaran Tangga Nada Pada Siswa Kelas X SMTK Kristo Manado.” Psalmoz 1(2):89–99.
Purba, E. F., and P. Simanjuntak. 2011. “Metode Penelitian.” SADIA.
Ruben, Hiruniko, Ferdinand Edu, and Samuel Sihotang. 2019. “Pelatihan Peningkatan Bermain Musik Keyboard Dan Drum Pemuda Gereja Bethel Indonesia Aek Natolu.” PNEUMATA 1(1):1–7.
Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saputra, Dani Nur, and Dian Herdiati. 2022. “Pelatihan Musik Remaja Di Gereja Pantekosta Serikat Di Indonesia (GPSDI) Sukorejo.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1):74–85.
Sholeh, Muhammad. 2019. “Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4(1):138–50. doi: 10.22437/gentala.v4i1.6979.
Sigalingging, Jamsah, and Djanne Tando. 2022. Sejarah Gereja. Pertama. edited by J. E. Raranta and I. N. I. Sihombing. CV. Eureka Media Aksara.
Simanjuntak, Hendrik Leonard. 2022. “Musik Gerejawi: Pelatihan Membaca Dan Praktik Buku Logu Sebagai Panduan Dalam Mengiringi Nyanyian Ibadah Di Gereja HKBP Ressort Medan Patumbak Distrik X Medan-Aceh.” CITRA ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):49–56.
Siringoringo, Januaster E., V. Mangadar Siringoringo, and Berton B. H. Silaban. 2021. “Pendampingan Dan Pelatihan Tim Musik Song Leader Gereja Di Kecamatan Medan Amplas.” Jurnal PKM Setiadharma 2(3):151–59.
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Copyright (c) 2024 Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.