Melatih Kontak Mata Anak Autisme melalui Terapi Musik di Daniella Music Course & Therapy

  • Vania Azalia Program Studi Musik Gereja, Sekolah Tinggi Teologi Abdiel
  • Dody Candra Harwanto Program Studi Musik Gereja, Sekolah Tinggi Teologi Abdiel
Keywords: anak autisme, kontak mata, interaksi musikal, terapi musik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses terapi musik untuk melatih kontak mata pada anak autisme serta mengetahui alasan musik dapat meningkatkan kontak mata anak autisme di Daniella Music Course & Therapy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif, sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah saat ini musik dapat digunakan sebagai media terapi bagi anak berkebutuhan khusus, salah satunya adalah penyandang autisme. Aspek yang dapat ditingkatkan melalui terapi musik adalah peningkatan kontak mata pada penyandang autisme. Daniella Music Course & Therapy merupakan tempat terapi musik bagi penyandang autisme yang dapat membantu meningkatkan kontak mata. Proses terapi musik dilakukan dengan tahapan asesmen, rancangan penanganan terapi musik, pencatatan, serta evaluasi dan terminasi perlakuan. Musik mampu menarik perhatian anak autisme sehingga interaksi musikal dapat terjadi di dalam sesi terapi musik. Dengan adanya interaksi musikal, maka secara perlahan interaksi antara klien dan terapis dapat terjadi, dan secara tidak langsung kontak mata akan terlihat.

References

Aizid, Rizem. 2011. Sehat dan Cerdas dengan Terapi Musik. Yogyakarta: Laksana.
Djohan. 2020. Psikologi Musik. Yogyakarta: PT Kanisius.
Djohan. 2006. Terapi Musik: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Galangpress.
Doyo, Usman. 2021. Penggunaan Terapi Musik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Kosakata pada Anak TunaGrahita Kelas Dasar IV SLB-C Katolik Santa Anna Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7 (8).
Granddywa, Assyifa. Skripsi: Penggunaan Musik Anak untuk Meningkatkan Atensi dan Produktivitas Anak Autisme di Klinik Tumbuh Kembang Sandbox Bekasi, (Yogyakarta: ISI, 2022).
Hendrifika, Dessy. 2016. Terapi Bermain untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak yang Mengalami Gangguan Autis. PROCEDIA, 4 (2).
Istiningsih, Tri. 2014. Terapi Musik Tradisional untuk Meningkatkan Konsentrasi, Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa ABK Kelas IV SDN Inklusi Sumbersari I Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1 (3).
Johnson dan Proctor. Attention Theory and Practice. California: SAGE Publication, 2004.
Kusuma, Nurhayati Adiratna, Siti Zubaedah. 2019. Penerapan Terapi Musik Modern pada Anak Autis Usia TK di Sekolah Bina Anggita Yogyakarta. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 4.
L, Kanner. 1943. Autistic Disturbances of Affective Contact. Nervous Child.
Machlis, Joseph. 1970. The Enjoyment of Music. New York: W.W Norton & Company Inc.
N, Andesta. 2017. Pengalaman Keagamaan Anak Berkebutuhan Khusus (Studi di SLB A Bina Insani Kelurahan Gedung Meneng Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung. (Universitas Islam Negeri Raden Intan).
Panjaitan, Adi Putra. 2019. Kekuatan Musik dalam Pendidikan Karakter Manusia. Melintas, 35 (2).
Pujianto, Rizqi Apriani dan Ricky Zainuddin. 2019. Penerapan Terapi Musik Klasik dalam Menurunkan Nyeri pada Pasien Ca Mamme Literature Review. Jurnal Keperawatan Global, 4 (2).
Putri Grandena, Egi. 2022. Pemilihan Lagu Anak dan Penerapannya sebagai Pendidikan Karakter Berlandaskan Fase Perkembangan Anak di Usia Sekolah Dasar, TAMUMATRA Jurnal Seni Pertunjukan, 5 (1).
Styles, E. 2005. The Psychology of Attention. Hove and New York: The Taylor and Francis e library.
Suhaya, Alya Putri. 2020. Musik Angklung sebagai Media Terapi Motorik dan Kognitif pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SKH 02 Kota Serang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3 (1).
Sunarto. 2019. Psikologi Musik. Semarang: LPPM UNNES.
The Bridge School. Musical Interaction. Accessed 13 Juni, 2023, https://www.thebridgeschool.co.uk/musical-interaction/
V. J, Carbone & O' Brien, L & Sweeny Kerwin, E. J & Albert, K. M. 2013. Teaching Eye Contact to Children Witn Autism A Conceptual Analysis and Single Case Study. Education and Treatment of Children.
Published
2024-05-30
How to Cite
Azalia, V., & Harwanto, D. (2024). Melatih Kontak Mata Anak Autisme melalui Terapi Musik di Daniella Music Course & Therapy. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 7(1), 19-31. https://doi.org/10.37368/tonika.v7i1.704

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.