Alkitab Sebagai Sumber Pengetahuan Sejati Dalam Pendidikan Kristen Di Sekolah Kristen: Sebuah Kajian Epistemologi

  • Evasari Kristiani Lase Pelita Harapan University
  • Friska Juliana Purba
Keywords: Alkitab, pendidikan Kristen, pengetahuan, pengetahuan sejati

Abstract

Sekolah Kristen tergeser oleh filsafat humanistik dan terjebak pada hal-hal sempit yang hanya menekankan pengetahuan akademik sebagai hal utama. Sebaliknya, sekolah pendidikan Kristen seharusnya mengajarkan pengetahuan sejati yang mengenalkan Kristus sebagai sumber segala pengetahuan. Pengetahuan sejati ini hanya didapatkan dari Allah yang telah menyatakan diri-Nya di dalam Alkitab. Tujuan penulisan ini adalah memaparkan pentingnya Alkitab sebagai sumber pengetahuan sejati dalam pendidikan Kristen. Pembahasan bahwa Allah adalah Kebenaran itu sendiri, maka Alkitab juga mengandung kebenaran karena diinspirasikan oleh pribadi Allah yang benar. Alkitab memiliki signifikansi di dalam sekolah pendidikan Kristen karena sekolah adalah sarana dalam mengenalkan Allah kepada siswa sehingga mereka mengalami pembaruan identitas diri di dalam Kristus dan memiliki karakter Kristen dewasa yang dapat bertanggung jawab kepada Allah, Gereja, negara, dan masyarakat. Oleh sebab itu, Alkitab menjadi sumber pengetahuan sejati dalam pendidikan Kristen karena fondasi pendidikannya berlandaskan Allah Tritunggal sebagai realitas tertinggi pengetahuan dan kebenaran yang ada, sebab di dalam Dialah segala yang kelihatan dan yang tidak kelihatan diciptakan (Kolose 1:16). Saran yang dapat diberikan terkait tulisan ini adalah pembahasan mengenai kurikulum sekolah Kristen yang telah ditebus melalui Tema-Tema Kontekstual Wawasan Kristen Alkitabiah (TKWKA).

References

Andrianti, Sarah. “Pendidikan Kristen: Keseimbangan Antara Intelektualitas Dan Spiritulitas.” Jurnal Antusias 2, no. 2 (2012): 1–32.

Aripin, Wiryi, and Selviana. “Mengenal Allah Melalui Wahyu-Nya.” Buletinpillar.Org. Last modified 2010. Accessed June 10, 2019. https://www.buletinpillar.org/artikel/mengenal-allah-melalui-wahyu-nya.

Atabik, Ahmad. “Teori Kebenaran Perspektif Filsafat Ilmu: Sebuah Kerangka Untuk Memahami Konstruksi Pengetahuan Agama.” Fikrah 2, no. 1 (2014): 253–271.

Babich, Babette E., and Robert S. Cohen. Nietzsche, Theories of Knowledge, and Critical Theory. Boston: Kluwer Academic Publishers, 1999.

Bavinck, Herman. Reformed Dogmatics: Abridged in One Volume. Grand Rapids: Baker Publishing Group, 2011.

Berkhof, Louis. Teologi Sistematika Volume 1: Doktrin Allah. Surabaya: Momentum, 2007.

Van Brummelen, Harro. Batu Loncatan Kurikulum. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press, 2008.

———. Berjalan dengan Tuhan di Dalam Kelas. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press, 2009.

Dafrita, Ivan E. “Ilmu dan Hakekat Ilmu Pengetahuan dalam Nilai Agama.” Jurnal IAIN Pontianak 9, no. 2 (2015): 159–179.

Effendi, Ramlan. “Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2, no. 1 (2017): 72–78.

Frame, John M. Apologetika Bagi Kemuliaan Allah. Surabaya: Penerbit Momentum, 2005.

Grudem, W. A. Systematic Theology: An Introduction to Biblical Doctrine. Grand Rapids, MI: Zondervan, 2009.

Inc., Sage Publications. “True Knowledge and Its Function.” Educational Weekly 5, no. 12 (1885): 4–5.

Jacknovich, “Captain Jack.” The Big Picture: Humans, Their Minds, and the Universe. Bloomington: iUniverse LLC, 2013.

James, Michael. Happines and the Art of Being: An Introduction to the Philosophy and Practice of the Spiritual Teachings of Bhagavan Sri Ramana. South California: CreateSpace Independent Publishing Platform, 2012.

Kadarmanto, Mulyo. “Humanisme, Reformasi, dan Pendidikan Dalam Protestanisme Awal dan Implementasinya Dalam Mendidik Guru Kristen di Era Global.” In Silver & Diamond, edited by Togardo Siburian. Bandung: Penerbit STT Bandung, 2017.

———. “Mandat Profetik Pendidikan Kristen di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Teologi STULOS 16, no. 2 (2018): 159–178.

Kencana, Aries Chandra. “Wahyu Khusus Dalam Hidup Orang Kristen.” Buletinpillar.Com. Last modified 2010. https://www.buletinpillar.org/artikel/wahyu-khusus-dalam-hidup-orang-kristen.

Knight, George R. Filsafat & Pendidikan: Sebuah Pendahuluan Dari Perspektif Kristen. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press, 2009.

Lewis, C. S. Mere Christianity. Bandung: Pionir Jaya, 2006.

Lie, Tan Giok. Tantangan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Masa Kini di Ranah Formal. STULOS Jurnal Teologi. Bandung: STT Bandung, 2013.

Little, Paul E. Know What You Believe. US: InterVarsity Press, 2008.

Machmud, Tedy. “Rasionalisme Dan Empirisme: Kontribusi dan Dampaknya Pada Perkembangan Filsafat Matematika.” Jurnal Inovasi 8, no. 01 (2011): 113–124. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/752/695.

Mercer, Joan. Knowledge Is Power. Morrisville: Lulu Publishing, 2015.

Nadeak, Erni Hanna, and Dylmoon Hidayat. “Karakteristik Pendidikan yang Menebus di Suatu Sekolah Kristen.” POLYGLOT 13, no. 2 (2017): 87–97.

Nagel, Jennifer, Valerie S. Juan, and Raymond A. Mar. “Lay Denial of Knowledge for Justified True Beliefs.” Cognition 129, no. 3 (2013): 1–28.

O’Brien, Dan. An Intoduction to the Theory of Knowledge. Cambridge: Polity Press, 2006.

Panggabean, Justice Zeni Zari. “Pendekatan Praktis-Teologis Dalam Fondasi Pendidikan Kristiani.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristes (KURIOS) 4, no. 2 (2018): 167–181. http://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios.

Pasnau, R. “Epistemology Idealized.” Mind 122, no. 488 (2013): 987–1021.

Prasetio, Trisfianto. “Kebangunan Epistemologi Bagi Pemuda Kristen.” Buletinpillar.Com. Last modified 2018. Accessed June 11, 2019. http://www.buletinpillar.org/artikel/kebangunan-epistemologi-bagi-pemuda-kristen.

Pritchard, Duncan. What Is the Thing Called Knowledge? Milton Park: Taylor & Francis e-Library, 2010.

Snijders, Adelbert. Manusia dan Kebenaran: Sebuah Filsafat Pengetahuan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2006.

Soares, Marciano Almeida, and Antonius Eddy Kristiyanto. “Kontemplasi dan Pengetahuan Akan Allah: Belajar dari Rikard ST. Viktor.” Jurnal Teologi 7, no. 1 (2018): 63–76.

Stroud, Barry. “Epistemology, the History of Epistemology, Historical Epistemology.” Erkenntnis 75, no. 3 (2011): 495–503.

Susabda, Yakub B. Mengenal & Bergaul Dengan Allah. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2010.

Tety, and Soeparwata Wiraatmadja. “Prinsip-Prinsip Filsafat Pendidikan Kristen.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 1 (2017): 55–60. http://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI.

Tjandra, David J. “Kondisi Sekolah Kristen Memprihatinkan!” Pgi.or.Id. Last modified 2015. Accessed June 3, 2019. https://pgi.or.id/david-j-tjandra-kondisi-sekolah-kristen-memprihatinkan/.

Published
2020-10-27
How to Cite
Lase, Evasari, and Friska Purba. “Alkitab Sebagai Sumber Pengetahuan Sejati Dalam Pendidikan Kristen Di Sekolah Kristen: Sebuah Kajian Epistemologi”. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 4, no. 2 (October 27, 2020): 149-166. Accessed March 6, 2021. http://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/145.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.