Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membelajarkan Kesetaraan Gender Pada Anak Usia Dini

  • Benyamin Telnoni Universitas Kristen Indonesia
Keywords: anak usia dini, gender, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Artikel ini merupakan upaya memasukan pendidikan agama Kristen dalam membelajarkan kesetaraan gender pada anak sejak usia dini. Kesetaraan gender adalah sebuah kondisi di mana perempuan dan laki-laki menikmati status yang sama atau setara dan memiliki suatu kondisi yang sama serta mewujudkan hak-hak asasi secara penuh dan memiliki potensinya bagi pembangunan dalam segala bidang kehidupan. Dalam lingkungan masyarakat, kesetaraan gender masih menjadi sebuah masalah yang tren. Masyarakat pada umumnya memiliki pandangan bahwa laki-laki memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari perempuan. Artinya laki-laki dianggap lebih kuat dari perempuan, sedangkan perempuan adalah kaum yang lemah dan harus tunduk penuh pada laki-laki. Konsep tersebut sudah menjadi hal yang biasa pada masyarakat, walapun kaum perempuan telah memperjuangkan keadilan ini dengan berbagai macam cara tetapi hasilnya masih jauh dari harapan. Oleh karena itu, pendidikan agama Kristen memiliki peran yang sangat penting dalam membelajarkan kesetaraan gender pada anak sejak usia dini melalui pengajaran pendidikan agama Kristen di lingkungan keluarga, gereja, dan sekolah. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif yaitu menggunakan kajian-kajian ilmiah dan data kepustakaan yang mengacu sesuai masalah yang akan di kaji dalam artikel ini. Tujuan peran pendidikan agama Kristen dalam membelajarkan penyeteraan gender pada anak sejak usia dini di lingkungan keluarga, gereja, dan sekolah sebagai upaya untuk mengatasi masalah penyetaraan gender yang terjadi dalam lingkungan masyarakat.

References

Akbar, Eliyyil. “Pembelajaran Gender.” Pembelajaran Gender Pada Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Sentra Vol. 11 No (2016): 4–6.

Fitria, Analisa. “Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Studi Gender dan Anak 1, no. 2 (2013): 45–55. jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/psj/article/viewFile/675/535.

Gulo, Sadiria. “Prinsip Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Bagi Keluarga Banua Niha Keriso Protestan ( BNKP ).” Jurnal Global Edukasi (2017).

Halidin, Ali. “Identitas Gender Dalam Perspektif Agama Kristen.” Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan 10, no. 1 (2017): 25–44.

Hariyanti, Novi Tri, dan Alexander Wirapraja. “Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur).” Jurnal Eksekutif 15, no. 1 (2018): 133–146.

Kholik, Nur. “Peranan Sekolah Sebagai Lembaga Pengembangan Pendidikan Multikultural.” Tawadhu 1, no. 2 (2017): 244–271.

Kurnia, Selia Dwi. “Implementasi Kesetaraan Gender Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Sekolah.” an-Nisa 11, no. 2 (2019): 501–510.

Nurhafizah. “Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Koto Tangah Padang.” Pedagogi 3, no. 3a (2017): 72–77.

Schmude, Jürgen. Children in Society and the Church Community. München: Gütersloher Verlagshaus, 1994.

Sian, Lie Ing. “Sebuah Tinjauan Terhadap Teologi Feminisme Kristen” 2, no. Oktober (2003): 274–278.

Sinulingga, Risnawaty. “Gender Aitinjau dari Sudut Pandang Agama Kristen.” Wawasan 12 (2006): 47–53.

Sumiyatiningsih, D. “Pergeseran Peran Laki-Laki dan Perempuan dalam Kajian Feminis.” WASKITA, Jurnal Studi Agama dan Masyarakat 4, no. 2 (2013): 139–154. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4864.

Susanta, Yohanes Krismantyo. “Tradisi Pendidikan Iman Anak dalam Perjanjian Lama.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 2 (2019): 139–150.

Wadi, Elsyana Nelce, dan Elisabet Selfina. “Peran Orang Tua Sebagai Keluarga Cyber Smart Dalam Mengajarkan Pendidikan Kristen Pada Remaja GKII Ebenhaezer Sentani Jayapura Papua.” Jurnal Jaffray 14, no. 1 (2016): 77.

Woolfson, Richard c. Mengapa anakku begitu? Jakarta: Erlangga, 2005.

Published
2020-10-27
How to Cite
Telnoni, Benyamin. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membelajarkan Kesetaraan Gender Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 4, no. 2 (October 27, 2020): 167-179. Accessed March 6, 2021. http://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/153.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.