Mewujudkan Iklim Belajar Kondusif melalui Sinergitas Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Soe
Abstract
Peserta didik mengalami ketidaknyamanan dalam bersekolah akan berdampak pada hilangnya konsentrasi belajar dan dapat berpengaruh pada merosotnya nilai yang akan diperoleh karena itu dibutuhkan kerja sama antara Kepala Sekolah dengan guru untuk menciptakan iklim belajar kondusif di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas tentang upaya mewujudkan iklim belajar kondusif melalui sinergitas Kepala Sekolah dan guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di SMK Kristen Soe, yang menggunakan metode kualitatif dengan mewawancarai 1 orang Kepala Sekolah dan 5 orang guru PAK. Data dianalisis secara reduktif dengan mendeskripsikan hasil penelitian bahwa Kepala Sekolah dan guru PAK telah bersinergi untuk menciptakan iklim belajar kondusif di SMK Kristen Soe berdasarkan indikatornya, antara lain: telah menciptakan suasana pembelajaran jauh dari kegaduhan, mendorong siswa saling menghargai satu sama lainnya, memastikan siswa tidak kuatir saat berinteraksi dengan guru, terjaganya kerapian kelas, melatih siswa memiliki keteraturan meminta izin terlebih dahulu sebelum beraktifitas di luar kelas. Sinergitas yang dibangun antar Kepala Sekolah dan Guru berdasarkan indikator-indikator tersebut mampu mewujudkan iklim belajar yang kondusif di SMK Kristen Soe.
References
Halawa, Agnes Monica, Adolfina Elisabeth Koamesakh, Natanel Wasiyono, and Fredik Melkias Boiliu. “Penerapan Metode Think Pair Share Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Sikap Menghargai Siswa.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2020): 6742–6753.
Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing, 2020.
Hartantoa, Cahya Fajar Budi, Rusdarti, and Abdurrahman. “Tantangan Pendidikan Vokasi Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia Yang Unggul.” In Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 163–171, 2019.
Hasma. “Keterampilan Dasar Guru Untuk Menciptakan Suasana Belajar Yang Menyenangkan.” Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 17, no. 1 (2017): 23–35.
Ismail, M. Jen. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah.” Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 1 (2021): 59–68.
Julaiha, Siti. “Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan 6, no. 3 (2019): 51–62.
Jumrawarsi, Jumrawarsi, and Neviyarni Suhaili. “Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif.” Ensiklopedia Education Review 2, no. 3 (2020): 50–54.
Miasih, Retno, and Enung Hasanah. “Best Practice Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Belajar Jarak Jauh Yang Kondusif.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7, no. 3 (2021): 565–575.
Mulyono, Sutrisno Purwohadi. “Sinergitas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pasca Pemberlakuan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.” Jurnal Masalah-Masalah Hukum 43, no. 3 (2014): 438–444.
Nuraini, Fitria. “Studi Analisis Terhadap Iklim Belajar SD Negeri 006 Kuala Lahang Kec. Gaung.” Sekolah Tinggi Agama Islam Aulliarrasyidin-Riau, 2021.
Nurqaidah, Siti, and Ayu Hendra. “Persepsi Siswa Tentang Efikasi Guru Dan Tingkah Laku Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2022): 158–166.
Oktaviane, Melathi, Sri Budyartati, and Dewi Tryanasari. “Analisis Tingkat Kedisiplinan Belajar Siswa Di MIN 1 Kota Madiun.” In Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 122–125. Madiun: Universitas PGRI Madiun, 2020.
Rorimpandey, Widdy H.F. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Guru Sekolah Dasar. Malang: Ahli Media Press, 2020.
Saingo, Yakobus Adi. “Tugas Dan Profesi Guru Kristen Dalam Perspektif Alkitabiah.” Aletheia: Christian Educators Journal 4, no. 1 (2023): 27–37.
Saputra, Tjendanawangi. “Signifikansi Teori Horace Bushnell Bagi Pendidikan Keluarga Kristiani Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 6, no. 1 (2022): 55–72.
Sarah, Christ, I Nyoman Karma, and Awal Nur Kholifatur Rosyidah. “Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Gugus III Cakranegara.” Jurnal Progres Pendidikan 2, no. 1 (2021): 13–19.
Suparlan. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas Di Tingkat Sekolah Dasar.” Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah 2, no. 1 (2019): 69–75.
Taniady, Vicky. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kristen Dalam Khotbah Di Bukit Pada Matius 5-7.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 6, no. 1 (2022): 39–54.
Utami, Mamiek Nur, and Wahyu Buana Putra. “Fasilitas Ruang Khusus Pada Sekolah Inklusi Binar Indonesia (Bindo) Di Bandung.” TERRACOTTA: Jurnal Arsitektur 1, no. 2 (2020): 34–43.
Wahid, Abdul Hamid, Chusnul Muali, and Mutmainnah. “Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Al-Fikrah 5, no. 2 (2017): 179–194.
Wahyuningrum, M. M. “Profesionalisasi Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Kondusif Di Sekolahannya.” Jurnal manajemen Pendidikan 1, no. 7 (2011): 63–80.
Widodo, S., M. Manaf, and Kastono. “Kajian Tingkat Kebisingan Di Kawasan Pendidikan SMP Negeri 5 Kota Sorong.” Dewantara Journal of Technology 2, no. 2 (2021): 1–7.
Winarjo, Hendra. “Etika Kebajikan Kristen Di Ruang Publik.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 6, no. 2 (2022): 163–178.
Yohana, Efri Gresinta, and Zakiah Fithah A’ini. “Analisis Minat Belajar Biologi Siswa SMA Kasih Depok Di Tengah Pandemi Covid-19.” EduBiologia: Science and Education Journal 2, no. 2 (2022): 115–120.